GuidePedia

Malang, Global Post - Salah satu andalan home industry telor asin milik Prayitno RT 27 RW. 9 Desa Suko Anyar  kecamatan Wajak Kabupaten Malang, yang saat ini pemasaranya sudah menjangkau di beberapa  Kecamatan,  terutama Kecamatan Wajak, Kecamatan Turen, Kecamatan Kedungkandang dan beberapa wilayah  patutlah dibangggakan.
Prayitno menjelaskan, awal mula ia membuat telor asin hanya bermodalkan 2 juta,    pertama Cuma bisa menjual kurang lebih per hari 100 butir, akan tetapi dengan perjalanan waktu, permintaan semakin hari semakin bertambah. Omset penjualan telor asin yang dulunya 100 butir sekarang  bisa melayani pelangan  sehari bisa kirim 500 butir telor asin.
Dari peningkatan tersebut, memang dari kami ada dua jenis telor asin, ada yang di kemas matang dan ada yang di kemas mentah,  yang di bungkus dengan garam. Sedangkan Untuk pengiriman mentah per hari bisa  1000 butir, tergantung permintaan. Sebetulnya untuk permintaan telor asin ini seperti Indomaret dan Alfa bayak yang minta. Berhubung kami terkendala masalah anggaran. Jadi saya hanya bisa melayani sesuai kebutuhan. Sebenarnya kalau permintaan di pasar asinan mentah per harinya sekitar 2.500, karena terkendala anggaran, kami hanya bisa melayani sesuai  kemampuan saya  sebanyak  750-1000 butir. Untuk yang matang  per hari hanya 300 butir.
“Untuk pemasaran sendiri Saya hanya bisa melayani lokalan saja, artinya hanya beberapa daerah yang saya kirim, seperti  Pasar Gedok, Pasar Codo, Pasar Gadang dan Pasar Turen. Saya juga sangat megharapkan kepada Pemerintah Kabupaten Malang agar bisa membantu mendapat dana pinjaman khususnya home industry telor asin agar bisa berkembang dan bisa melayani permintaan pasar,” harapnya.
Prayitno menambahkan, Mengingat telor asin sangat baik bagi kesehatan terutama  manfaat  makronutrisi. Kandungan kalori telur bebek berasal dari protein, lemak dan karbohidrat. Protein dari telur adalah jenis protein yang berkualitas tinggi, dan setiap butir telur bebek mengandung 9 gram protein. Telur asin juga mengandung 9,6 gram lemak serta 1 gram karbohidrat. Semua nutrisi ini baik untuk menghasilkan energi bagi tubuh, lebih mengenyangkan, dan mendukung seluruh kesehatan tubuh seperti otot, kulit, rambut dll.
Manfaat Vitamin
Telur itik lebih meningkatkan asupan vitamin, seperti vitamin A dan vitamin B 12 . Vitamin A bermanfaat untuk mempromosikan pengembangan sel baru demi menjaga jaringan tubuh yang sehat dan juga menjaga kesehatan penglihatan yang baik. Sebutir telur bebek mengandung sekitar 472 IU vitamin A, atau sudah memenuhi seperlima dari asupan harian yang direkomendasikan untuk wanita, dan 16% untuk pria. Vitamin B12 berguna untuk kesehatan saraf dan meningkatkan fungsi sel darah merah. Setiap butir telur bebek menawarkan sekitar 3,8 mikrogram vitamin B12, dan jumlah ini melebihi asupan yang direkomendasikan. Didukung pula oleh sejumlah kecil beberapa dari vitamin B kompleks, vitamin D dan vitamin E. (YP)
 
Top