GuidePedia

Ciamis, Global Post
 Permohonan Pembuatan Surat Ijin Mengemudi Kendaraan bermotor di Polres Ciamis, Jawa Barat semakin meningkat, prosesnya melalui Ujian Tes Teori dan Tes Ujian Praktek Kendaraan Bermotor. 

Dari hasil pantauan Global Post di Polres Ciamis di awal bulan Desember 2014  memasuki Tahun Baru 2015 banyak warga masyarakat berbondong-bondong mendatangi Polres Ciamis. Nampaknya  para pemohon duduk tertib (rapi) sambil menikmati tayangan Televisi, yang memang disediakan bagi warga masyarakat pemohon SIM. Disamping ruangan dilengkapi dengan fasilitas Air Conditioner (AC) membuat pemohon betah menunggu sampai usai menerima Sim. 

Menurut sejumlah pemohon SIM, Dodo dari Dusun Pamijahan Desa Medanglayang Kecamatan Panumbangan Kabupaten Ciamis ketika ditemui   Global Post, Jum’at (5/11) mengatakan, Ia  sudah mendaftarkan terlebih dahulu diloket pendaftaran dengan menyerahkan Formulir  yang terlampir foto copi KTP, Tes Kesehatan, Identitas  Sidik jari.

Memang tidak terlalu sulit dalam mengikuti Tes Ujian Teori, meskipun ada 30 pertanyaan tentang peraturan lalu lintas yang harus di jawab dengan benar baru bisa lolos Tes Teori, dan saya langsung bisa ikut Ujian Praktek  Kendaraan Bermotor Roda Dua karena itu saya mau bikin SIM C, kata dia. 

“Dan Alhadulillah sekarang saya sudah di foto tinggal nunggu di panggil,  jadi SIM nya,”ujarnya.
Di ruang terpisah dibawah kepemimpinan Kapolres Ciamis Jawa Barat AKBP Hari Santoso, S.Ik dan Kasat Lantas AKP Yudi Sadikin, S.Ip , melalui Baur SIM AIPDA Gungun Gurnita ketika dimintai komentarnya terkait membludaknya warga untuk permohonan pembuatan SIM,  Ia mengatakan  kepada Wartawan, itu semua menunjukan bahwa kesadaran warga Ciamis itu sangat tinggi taat kepada aturan dan ketentuan.

Ia juga menambahkan, seorang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan Raya pengandara harus memiliki SIM  dan Ketentuan Pidananya  apabila setiap Orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan tidak memiliki Surat Ijin Mengemudi sebagaimana dimaksud dalam pasal 77 ayat (1) dipidana kurungan paling lama 4 (empat) bulan atau denda paling banyak Rp 1.000.000.00 (satu juta rupiah)  (pasal 281 UU No. 22 tahun 2009, katanya.

AIPDA Gungun Gurnita menambahkan untuk meningkatkan Pelayanan SIM Keliling Polres Ciamis menambah personil di beberapa titik untuk melayani masyarakat di pada waktu pagi sampai dengan malam, pungkasnya.  (Herman B)     
 
Top