GuidePedia

Tapanuli Tengah, Global Post

Proses pembangunan dermaga Pelabuhan Barus, kabupaten Tapanuli Tengah tahap ke dua sepanjang 123 m diproyeksikan sudah selesai pada tahap kedua ini. Kepala Sabandar Barus Ali Syahbana  kepada Wartawan, saat itu, meninjau lokasi proyek pembangunan Pelabuhan Barus, tepatnya, Senin 15 Desember 2014.

Saat ini, jelas Ali , proses pembangunan dermaga masih terus berlangsung pada tahap ketiga tahun 2015 nanti rencananya dermaga akan selesai dibangun. Menurutnya, dermaga dibangun sampai di lokasi warna air kebiruan. Warna air laut kebiruan menandakan kedalaman laut sudah terbebas dari abrasi dan aman buat persinggahan kapal jenis apa pun.

Pada tahap ke dua Saat ini, kata dia, panjang dermaga yang sudah dibangun sekitar 123 meter dengan lebar delapan meter. Pada tahun anggaran 2015, Kementerian Perhubungan kembali akan menggelontorkan dana proyek pembangunan dermaga Barus ini. Kalau dermaga sudah selesai, jelas sangat mendukung perkembangan perekonomian warga Barus.

Keberadaan Pelabuhan tersebut, Pemkab Tapanuli Tengah nantinya kemungkinan akan membangun akses jalan keluar-masuk pelabuhan mulai dari mulut jalur utama jalan lintas Barus sampai menjelang lokasi pelabuhan. Ditambah pembebasan lahan buat pembangungan perkantoran dan sarana pendukung lainnya. 

Sementara di tempat terpisah Manager pelaksana lapangan Waluyo saat ditemui Wartawan Baru baru ini menerangkan nada yang sama ia mengatakan, "untuk pembangunan tahap kedua sudah selesai struktur pengecoran sepanjang 123 m, yang meliputi bekesting, pembesian dengan item pengisian tiang pancang dan lantai trestle dan pemsangan pelapis antikarat pada setiap tonggak dan pemasangan ini dikerjakan oleh tenaga teknis yang sengaja didatangkan dari medan,” katanya.

Waluyo menambahkan pembangunan fasilitas pelabuhan laut Barus Kab. Tapteng ini dananya bersumber dari APBN tahun 2014 melalui Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan laut Satuan Kerja Pembangunan Pengembangan Pelabuhan Laut Provinsi Sumatera Utara dengan harga borongan sebesar Rp 4 milyard 736 juta rupiah lebih.

Proyek ini dikerjakan PT. Dwi Wirakusuma dengan konsultan pengawas PT. Nusa Consultan Internasional. “Saat ini sudah selesai sesuai dengan tarder kita selesai dikerjakan pada bulan Desember, kemudian untuk pembangunan tahap ke tiga nanti pelabuhan ini akan rampung dan kemungkinan besar sudah dapat dipungsikan. Pelabuhan ini merupakan salah satu pelabuhan terbesar di Sumatera Utara yang diharapkan kedepan akan dapat mendongkrak roda perekonomian masyarakat di pantai Barat Sumatera Utara khususnya di Barus," harapnya. (Shs)
 
Top