GuidePedia

Jakarta, Global Post
Indonesia bisa maju, jika dikelola oleh orang yang mempunyai daya saing yang tinggi. Karena untuk mengelola bangsa ini, dibutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkompeten dan mempunyai daya saing yang tinggi. Untuk itu, agar mahasiswa nantinya bisa mempunyai daya saing yang tinggi, harus mempersiapkan diri sekarang, dengan meningkatkan integritas, artinya selalu melakukan perbuatan-perbuatan yang terpuji, memiliki disiplin yang tinggi dan punya jiwa pengabdian yang besar bagi bangsa dan negara.
Demikian ditegaskan Pangdam Jaya Mayjend TNI Agus Sutomo, S.E., dalam kuliah umum kepada 600 mahasiswa-mahasiswi Universitas Bina Nusantara, di Kampus Universitas Bina Nusantara, Jakarta Barat. Senin (08/12).
Menghadapi tantangan masa depan yang dihadapi mahasiswa, semakin kompleks dan berat, yaitu masa depan Indonesia emas pada 2045. Kodam Jaya membangun kerja sama dan soliditas dengan berbagai kampus/universitas, maka memudahkan Kodam Jaya dalam komunikasi dan pencapaian sasaran kuliah umum mengenai peran pemuda dalam menghadapi tantangan Indonesia ke depan.
Lebih lanjut Pangdam Jaya menyampaikan “Tiga puluh satu tahun lagi, Indonesia akan merayakan kemerdekaan yang ke-100 tahun yaitu Indonesia Emas, yang diharapkan sebagai Indonesia yang modern, masyarakat sejahterah dan punya SDM yang berkualitas. Hal demikian bisa tercapai, dengan kita berbenah dari sekarang”.
Pada  tahun 2015 Indonesia sudah masuk Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), yaitu perdagangan bebas Asean.  “Sementara negara Asean lainnya sudah siap untuk merebut pasar Asean, tapi apakah Indonesia sudah siap merebut pasar negara Asean lainnya ?,  Sedangkan Indonesia masih berkecimpung pada urusan silang pendapat, dualisme, kerusuhan, tawuran dan maraknya peredaran narkoba.  Jadi kita belum fokus pada persiapan pasar bebas Asean (MEA) atau menghadapi Indonesia emas 2045,” Ungkap Pangdam Jaya.
Indonesia negara yang sangat kaya raya dan subur, tapi jika kita tidak bersatu membangun bangsa ini, kita hanya menjadi orang merugi, karena pihak/negara asing yang mendapat keuntungan dari rendahnya daya saing SDM pemuda Indonesia. ”Saya titip pesan, agar adik mahasiswa yang nantinya seusia saya pada Indonesia emas (2045), punya masa depan yang baik, syukur-syukur menjadi bagian pengelola bangsa ini, baik itu menteri atau Presiden,” ujar Pangdam Jaya.
Turut hadir dalam kegiatan Kuliah umum Pangdam Jaya ini yaitu Pembantu Rektor Universitas Bina Nusantara Bapak Drs Andreas Chang, MBA, Bapak Tirta Nugraha, P.Hd., selaku Moderator serta turut mendampingi Pangdam Jaya diantaranya Kapendam Jaya Letkol Inf Heri Prakoso Ponco Wibowo, Waaster Kasdam Jaya, Dandim 0503/JB. (Pendam/Susi)
 
Top