GuidePedia

Malang, Global Post - Bentuk kesenian tradisional Patrol yang di padukan dengan iringan music Dramd Band kini mulai di kenal oleh masyarakat Malang Raya. Itu terbukti dengan berbagai kegiatan even lomba baik dari Malang maupun luar Kota Malang sudah di kenal keberadaanya. Group Musik Patrol asli dari Putra Daerah yang berasal dari Kecamatan Wajak Kabupaten Malang. Kini sudah tour di berbagai wilayah, terutama di Surabaya, Jember, Lamongan dan Jawa Tengah. 
Menurut Joko salah satu Pembina dari Group Musik  Patrol menjelaskan, untuk kesenian Patrol  itu sendiri,  baik dari kostum maupun alat  milik sendiri,  dengan cara swadaya dan tidak ada bantuan dari pihak mana pun. Untuk anggota patrol sendiri   mempunyai  80 personil, yang terdiri  dari empat group antara lain, jamu kalimasodo, jagat horek,  patrol dan group sunan kali jaga.  Untuk setiap ada kegiatan  group music ini tetap jadi satu anggotanya,  tapi kalau untuk event-event tertentu kita tinggal memilih mana yang pantas untuk ditampilkan,  misalkan pesanannya hanya 2 group atau 1 group ya kita pilih,  misalkan acara keagamaan kita pilih yang lagu-lagu islami, kalau yang acaranya umum  kita sesuaikan dengan situasi.
Group Patrol yang kini sudah berusia 2 tahun,  Nampak sekali keberhasilan yang di raih. Seperti  ikut lomba dalam rangka hari Ulang Tahun Bhayangkara  juara 1, lomba Patrol Tingkat Kabupaten Malang Juara 2, lomba tingkat Makodam Surabaya acara Kapolda juara harapan satu. “Tentunya dengan adanya kegiatan ini, harapan saya untuk grup kesenian patrol  ke depanya lebih baik dan lebih kompak lagi, selalu menjaga tali persaudaraan di antara grup-grup yang lain,” pungkas Joko. (YP)
 
Top