GuidePedia

Malang, Global Post
Kabupaten Malang yang terdiri dari 33 Kecamatan dan  360 Desa hanya 7 Desa yang Memiliki BUM. Desa Se – Kabupaten Malang.  Termasuk Desa Gampingan Kecamatan  Pagak  Kabupaten Malang,  beberapa waktu yang lalu tepatnya pada Hari Kamis (11/12) menerima kunjungan langsung rombongan BUM. Desa  Kabupaten Sleman Jogjakarta Propinsi Jawa Tengah berjumblah 34 peserta.
Dari kunjungan ini, tentunya  suatu penghormatan bagi  Desa Gampingan  sebagai  Study Banding BUM.Desa Sleman yang ingin tau dan belajar keberadaan BUM.Desa Gampingan. Hadir pada kesempatan tersebut, Muspika Kecamatan Pagak, Kepala Badan Pemberdayaan masyarakat Kabupaten Malang, Seluruh Pengurus dan Anggota BUM.Desa Gampingan beserta masyarakat sekitar.
Menurut Kepala Desa Gampingan Hj. Ila Husna, SH menjelaskan, Dari kunjungan Study Banding ini, BUM. Desa Sleman ingin belajar, mencari informasi dan  mengetahui secara langsung BUM. Desa MAJU JAYA Desa Gampingan Kecamatan Pagak.  Dengan berdirinya BUM. Desa ini yang berfungsi untuk menangani potensi-potensi yang  sudah ada,  yang tadinya lewat Pemerintah Desa yang sudah  maksimal  sekarang  untuk lebih baik lagi  dan lebih transparan. Dengan keberadaan BUM.Desa ini, tentunya  masyarakat akan lebih tahu bagaimana cara  pengelolaannya, terutama untuk  pembukuan BUM.Desa sendiri kita trasparan.
Ila Husna juga menambahkan, untuk tugas dan kewajiban Pengawas BUM.Desa Pemerintah Desa Gampingan  diantaranya ; Pertama, memberikan pendapat dan saran kepada Pemerintah Desa terhadap pelaksanaan usahanya. Kedua,  mengikuti perkembangan kegiatan usaha Desa dan memberikan pendapat dan sarana mengenai setiap masalah yang dianggap penting bagi pengelolahan BUM.Des. Ketiga, melaporkan hasil pengawasan perkembangan kegiatan usaha BUM.Des setiap tri wulan kepada pemerintah desa. Dan keempat, memberikan nasehat kepada pengurus dalam melaksanakan pengelolahan BUM.Des.
Adapun Badan Pengawas Mempunyai Kewenangan antara lain ; pertama, melaksanakan kewajiban dari pengurus dari segala persoalan yang menyangkut pengelolahan usaha desa. Kedua, meminta penjelasan dari pengurus mengenai segala persoalan yang menyangkut pengelolahan usaha desa. Dan ketiga, melindungi usaha desa terhadap hal – hal yang merusak kelangsungan citra usaha desa.
Adapun Pemerintah Desa Mempunyai Kewajiban diantaranya ; Pertama, Membina dan mengembangkan usaha agar tumbuh dan berkembang menjadi lembaga atau badan usaha yang bermanfaat bagi para warga. Kedua, mengusahakan agar tetap terciptanya pelayanan yang adil dan merata. Dan ketiga, mengusahakan kekompakan dalam tubuh usaha desa untuk mencegah kemungkinan adanya orang – orang yang menjadikan usaha desa untuk mencapai kepentingan pribadi atau golongan. (YP)
 
Top