GuidePedia

Aceh Tamiang, Global Post
Bertempat di Gedung Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Karang Baru Kabupaten Aceh Tamiang kegiatan Rapat Kerja Baitul Mal Kampong ke II dilaksanakan, Kamis (04/12).

Pesertanya ada 100 orang, terdiri dari Datok serta Imam Kampung dan berasal dari 50 Kampung yang ada di Aceh Tamiang. Kegiatan bertujuan agar Optimalisasi Penggalian Sumber-Sumber Zakat Dalam Kabupaten Aceh Tamiang dapat tewujud.

Dalam pidatonya Wakil Bupati Aceh Tamiang H. Iskandar Zulkarnain mengatakan, Baitul Mal Kampung merupakan salah satu sumber zakat yang harus bekerja sama dengan Baitul Mal Kabupaten.
“Setiap Baitul Mal Kampung agar diaktifkan sehingga setiap sumber-sumber zakat  dapat di ketahui oleh Baitul Mal Kabupaten,” serunya.

Semementara itu, Penanggung jawab acara, Sayuti, Spd yang juga Kasubbag Umum dan program  Baitul Mal Kabupaten Aceh Tamiang menyampaikan, pentingnya peran Baitul Mal Kampung sebagai Pengumpul dan kemudian menyalurkannya kepada yang berhak.

Kemampuan dan pengetahuan pengurus Baitul Mal Kampung menurutnya harus ditingkatkan, agar optimalisasi zakat, baik terkumpul maupun pemanfaatnya dapat berjalan. “Baitul Mal Kampung telah ada dari tahun 2011, sudah 171 Kampung yang Baitul Malnya sudah di SK kan oleh Bupati Aceh Tamiang,” ucapnya.

Tampil sebagai pemateri, Kepala Baitul Mal Aceh Tamiang, Hj. Sri Hidayani Lc, Msi, Kepala Seketariat, Iskandar S.Pd serta H. Razali S.H.

Salah satu materi yang disampaikan oleh Iskandar S.Pd adalah terkait peningkatan pelayanan zakat agar keserjahteraan masyarakat ditingkat kampung dapat terwujud.

“Tujuan pengelolaan zakat di tingkat kampung agar Pelayanan bagi masyarakat dalam menunaikan zakat sesuai dengan tuntunan agama serta meningkatkan fungsi dan peran lembaga zakat,” ujarnya. (Abdul Karim/SW)
 
Top