GuidePedia

Tolitoli-Sulteng, Global Post
Sekretaris Kabupaten Tolitoli H. Iskandar. A Natsir, SH.MM.membuka Launching perdana Bilyar dan cafe, sekaligus pembuka turnamen bilyar se Indonesia yang memperebutkan piala Bupati Tolitoli HM. Saleh Bantilan, SH.MH di jalan Lingkar Pelabuhan. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada para sponsor, Djarum, perbankan serta para SKPD yang telah membantu, sehingga turnamen bilyar bisa berjalan sebagai mana yang di harapkan.

Iven turnamen bilyar, sekaligus dirangkaikan dengan hari ulang tahun Daerah kabupaten Tolittoli yang ke 54. Pembukaan turnamen bilyar se indopnesia di hadri SKPD, forum komunikasi pemerintah Daerah, para pengusaha dan tokoh tokoh masyarakat, serta tokoh tokoh pemuda.

Menurut Iskandar, iven bilyar adalah yang pertama kali di selenggarakan di Tolittoli, karena selama ini Tolitoli belum ada arena bilyar yang representatif untuk tingkat nasional. Maka itu dengan dorongan pemerintah, sehingga nantinya kita bisa mendapatkan bibit bibit mudah yang menjadi andalan dan membawa harum nama Daerah, katanya.

Dikatakan Iskandar, walaupun arena pertandingan belum selesai sepenuhnya, tetap akan di pacu dengan cepat, sehingga bisa diselesaikan pada waktu yang sudah ditentukan dan dapat dipergunakan untuk turnamen bilyar nantinya dan yang tidak kalah pentingnya dapat memenuhi standar nasional.

Turnamen ini tidak sempat di hadiri oleh beberapa provinsi yang ada di Sulawesi sebab bertepatan dengan hari pekan olah raga provinsi di Daerah masing-masing, seperti Makassar, Manado, Gorontalo serta Sulawesi Tenggara. Dan para atlit serta manajernyapun sudah menelpon kepada ketua panitia penyelenggaran turnamen bilyar dan meminta maaf karena tidak sempat datang serta membatalkan kedatangannya, ujar iskandar yang juga selaku ketua panitia turnamen bilyar.

Dia juga menghimbau khususnya atlit-atlit lokal sebelum pertandingan dimulai agar banyak berlatih terlebih dahulu, sebelum duta duta bilyar dari Palu dan daerah-daerah lainnya berdatangan mulai tanggal 1 Desember, sementara tanggal 3 Desember putaran lokal, partai pertama dimulai tanggal 6-7 Desember 2014, tambahnya.

Di akui Iskandar selaku panitia turnamen, Olah raga bilyar di Daerah Tolitoli belum begitu familiar di tengah masyarakat,tetapi punya sekmen pasar dan  penggemar tersendiri,karena di mana mana bilyar selalu di identikan negatif, tapi sesunggunya, bilyar adalah olah raga rekreasi dan keterampilan.

Panitia mempersiapkan  bonus 19 juta bagi para pemenang. Bahkan menurut salah satu tokoh pemuda, Amir mengatakan, kehadiran turnamen Bilyar di  daerah ini agar benar-benar para generasi mudah bisa menujukan bakat kelebihan di turnamen Bilyar tersebut.

Hal yang positif bagi generasi mudah karena dapat mengkreasikan diri dalam ketangkasan bilyar. Pencinta Bilyar khususnya generasi mudah kota cengkeh, benar-benar menunjukan ketangkasannya dalam arena turnamen ini, seandainya nanti belum bisa mendapatkan juara, namun bisa  menambah pengalaman serta persahabatan antara sesama atlit se Indonesia, Pungkas Amir. (Sar)       
 
Top