GuidePedia

Bekasi, Global Post
Komandan korem 051/Wkt, Menggelar rapat koordinasi (Rakor) penanggulangan banjir, di Makorem 051/Wkt, Jumat (21/11/14). Rakor ini untuk membahas penanggulangan banjir yang terjadi di wilayah DKI Jakarta  dan daerah penyangga, termasuk Bekasi, Depok. Rakor tersebut  untuk  menjalin kerjasama, dan mencari solusi bersama. Pembahasan Struktural, Non struktural, dan kultural. “Bukan saatnya membahas banjir disaat banjir, namun kita harus mencari solusi dan penanggulangan untuk kedepannya,” ujar Danrem.

Pada rakor ini, dibahas dalam sifat yang nonstruktural yaitu pendekatan nonstruktural yakni melalui penanaman kegiatan vegetatif atau penghijauan di daerah hulu, penataan sempadan sungai, membangun lahan ruang terbuka hijau sebagai daerah resapan air, dan penertiban pemanfaatan ruang Daerah Aliran Sungai (DAS).

Poin pendekatan kultural terkait dengan kebiasaan masyarakat yakni melalui pemberdayaan ekonomi masyarakat, penanganan masalah sampah berbasis masyarakat. Danrem menjelaskan, tugas pokok TNI membantu penangulangan bencana telah diatur sesuai UU TNI No 34 Tahun 2004 dengan menyediakan tenaga dan peralatan yang dimiliki. Karena itu, ia menghimbau kepada anggotanya agar bisa memelihara kesiapan anggotanya yang bertugas di lapangan dengan memperkuat tim kesehatan, ambulans, dapur umum dan sistem komunikasi.

"Salah satu tugas kami sesuai UU TNI, mengatasi penanggulangan bencana. Kami berusaha semaksimal mungkin terutama untuk tanggap darurat. Kami lebih membantu pada tenaga dan peralatan," ungkapnya.
Dana dalam kegiatan ini dikatakan dia pada umumnya didukung BNPB Pusat, Daerah, Pemerintah Pusat dan Pemda. Serta perusahaan-perusahaan yang ingin menyalurkan dana sosialnya alias Corporate Social Responsibility (CSR).

 "Sehingga memudahkan kami melaksanakan pekerjaan. Kita bersama harus bisa mengatasi persoalan. Akar persoalan yang harus diatasi agar tak berulang. Korem 051/Wkt dan jajaran pada dasarnya siap dimintai bantuan," jelas Kolonel Inf Rudianto.

Hadir dalam pertemuan tersebut Para Dandim Jajaran, Para danramil, Para Kepala BPBD, Kepala SKPD, Para Camat, Basarda. (Penrem/Sus)
 
Top