GuidePedia

Garut, Global Post
Bersumber dari bantuan hibah Gubernur tahun anggaran 2014, kelurahan Sukanegla Kec. Garut Kota Kab. Garut menggelar acara pelatihan peningkatan kapasitas kader posyandu dalam rangka revitalisasi posyandu di kabupaten Garut. Bantuan disalurkan melalui pokjanal tingkat kecamatan Garut Kota.

Acara yang digelar Kamis (20/11) diselenggarakan di aula kelurahan Sukanegla, diikuti sekitar 70 kader posyandu yang berada di wilayah kelurahan Sukanega. acara dibuka langsung oleh kepala kelurahan Sukanegla yang baru dua minggu menjabat, Drs Syarif Hidayat.

"Para peserta adalah kader posyandu yang berasal dari tingkat RT RW Sekelurahan Sukanegla," tutur Syarif. Materi yang diberikan berhubungan dengan modul pokja 1,2, 3 dan 4. Pemateri berasal dari tim penggerak PKK, secara khusus materi yang diberikan yaitu peningkatan kapasitas bagi kader, seperti dalam melayani posyandu yang  biasa diselenggarakan di masing masimg posyandu, termasuk dari sisi pembinaan keluarga yang ada di wilayah binaan kader itu sendiri.

Contoh sederhana dari materi yang diberikan pola hidup sehat, bagaimana mendampingi warga yang antipati terhadap pendidikan, baik dari tingkat PAUD, TK, SD dan SMP. Bagaimana program pemerintah dapat diserap warga tanpa adanya miskomunikasi.

"Walaupun Sukanegla berada di wilayah kecamatan Garut Kota, tapi secara geografis kondisinya seperti dipedesaan, begitu juga dengan perilaku masyarakatnya," ujar Syarif.

Kondisi ini berakibat antusiasme warga terhadap pendidikan kurang. Dengan adanya kader mereka bisa mensosialisasikan program yang ada dari pusat, provinsi dan kabupaten.

Informasi seperti ini juga penting terhadap kader itu sendiri. Pemateri untuk pelatihan ini berasal dari pokjanal kabupaten, pokjanal kecamatan, dari unsur dinas pendidikan, Dinas Kesehatan dan tim penggerak PKK kecamatan.

Saat ini tingkat kematian ibu dan bayi saat melahirkan di kelurahan Sukanegla nihil, berarti derajat kesehatannya sudah maksimal. Posyandu aktif seminggu sekali dipandu bidan desa dari kecamatan kecamatan termasuk dari pustu yang ada.

Dengan kondisi geografis Sukanegla yang berada di kaki bukit seperti ini. Infrastruktur yang ada belum menunjang, conton disaat musim hujan seperti sekarang, kadang masyarakat tidak terlayani, "Namun saya tetap apresiasi kepada kader yang selalu aktif dan antusias walaupun tidak digaji, mereka tetap semangat melayani masyarakat," pungkas Syarif yang sebelumnya menjabat kasi pelayanan di kecamatan Garut Kota ini. (Syaiful Noor) 
 
Top