GuidePedia

Nias Selatan, Global Post 
Acara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 86, Selasa (28/10),  di Peringati di Kabupaten  Nias Selatan (Nisel) bertindak inspektur Upacara Kapolres Nias Selatan AKBP Robert Da Costa, SiK,MH  di halaman Mapolres  Nias Selatan.  Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) sebagai penyelenggara.

Turut Serta Ketua DPRD Sidi Adil Harita, S.Sos dan Jajaranya, Sekdakab Faduhusi Daely, Spd, Waka Polres Nisel Kompol S. Zalukhu, dan Kaban Kesbangpol Ruadat Harita SE,  Anggota TNI AL, Para Tokoh Pemuda, Seluruh SKPD, Korpri,  Bhayangkari dan   barisan para Siswa-Siswi  Tk SMA, SD Serta LSM dan Pers.

Pidato Menteri Negara Pemuda dan  Olahraga RI  Imam Nahrawi dibacakan Kapolres Nisel AKBP Robert Da Costa, Sik MH mengatakan Hari Sumpah Pemuda tahun ini   Mengangkat Tema :  “Bangun solidaritas pemuda, maju berkelanjutan”.  Sub Tema  :  Dengan semangat sumpah pemuda, kita laksanakan refolusi mental guna membangun pemuda yang berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing”.

Hari Sumpah pemuda hari bersejarah bagi bangsa Republik Indonesia, untuk mewujudkan satu bangsa, satu tanah air dan menunjang bahasa yakni Bahasa Indonesia.

Pemuda harus mampu bersaing dengan bangsa bangsa lain, kita adalah bangsa yang besar yang memeliki sumber daya alam yang berlimpah, kebudayaan yang unggul dan Sumber daya manusia semakin lama semakin baik.

Mental bangsa khususnya Pemuda harus dibangun agar menjadi pemuda pemuda yang unggul berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing sehingga dapat berkompentisi dengan global.

Refolusi Mental yang dicanangkan Presiden RI Ir. Joko Widodo amat relevan dalam pemuda yang maju. Ciri ciri pemuda yang maju adalah pemuda yang berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing. Refolusi mental harus di jadikan sebagai pemicu, mempercepat pemuda yang maju untuk menghasilkan bangsa yang hebat. Pembangunan kepemudaan harus terus di kembangkan melalui proses penyadaran dan pengembangan sebagai mana yang diamanatkan UU No. 40 Tahun 2009 tentang kepemudaan.

Ketua DPRD Nias Selatan Sidi Adil Harita S. Sos mengatakan bahwa nilai sumpah pemuda pada Revolusi Mental yang dicanangkan Presiden RI Ir. Joko Widodo  kita sebagai pemuda perlu  mempertaruhkan jiwa raga seorang pemuda dalam membangun bangsa dan negara ini, harus melalui semangat Juang  Pemuda apa yang diharapkan oleh pemerintah dan masyarakat.

Hal senada disampaikan Sekdakab Nisel  Faduhusi Daely, Spd  bahwa nilai  Sumpah Pemuda adalah awal perjuangan kemerdekaan RI untuk mencapai kemerdekaan mendapat kebebasan,  Pemuda sekarang   harus belajar dari  Sumpah  Pemuda  28 Oktober 1928  yang merupakan latar belakang lahirnya pembentukan  pemerintahan Republik Indonesia.

Dalam Acara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 86, sebelumnya telah digelar berbagai rangkaian kegiatan Olah raga dan terakhir  dimeriahkan dengan atraksi Silat dari Forki  Serta  Ekshibixon Tinju di Lapangan Ururusa Teluk Dalam. (SZ)

 
Top