GuidePedia

Bekasi, Global Post
Komandan Korem 051/Wkt Kolonel Inf. Rudianto, mendampingi Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Agus Sutomo,SE. beserta rombongan saat tiba di Universitas Islam 45 Kota Bekasi, Senin (3/11). Kunjungan tersebut dalam rangka kunjungan kerja sekaligus silaturahmi dengan jajaran Rektor dan Mahasiswa.

Pangdam Jaya Mayjen TNI Agus Sutomo, SE mengajak generasi muda, termasuk para mahasiswa di Kota Bekasi, untuk berperan aktif menjaga keutuhan Negara Republik Indonesia. "Pemuda harus berani mengambil peluang sesuai peranan masing-masing menuju Indonesia Emas 2045, yakni kita menjadi negara yang kuat," kata Pangdam Jaya saat memberikan kuliah umum di hadapan sekitar 150 mahasiswa.
Mayjen TNI Agus Sutomo, SE menekankan, dengan peran serta generasi muda, Indonesia bisa menjadi negara besar yang disegani di mata internasional. Menurut dia, pembekalan seputar wawasan kebangsaan dan bela negara tersebut juga dimaksudkan untuk mempersiapkan kesigapan mahasiswa dalam mendukung Indonesia bermartabat.

"Dalam kuliah umum, kami sampaikan informasi-informasi kekinian tentang negara ini. Ini merupakan cara kami mendidik generasi muda berkarakter," katanya. Ke depan, materi wawasan kebangsaan ini rencananya diberikan kepada siswa sejak dari tingkat SMP. "Untuk SMP, penyampaian materinya dilakukan di tingkat Danramil, sedangkan level SMA akan dilakukan oleh tingkatan Kodim," katanya.

Rektor Unisma Kota Bekasi Nandang Najmul Munir menambahkan, pihaknya berencana menggenjot semangat kebangsaan dengan mengajarkan materi perjuangan, salah satunya dari pejuang setempat, KH Noer Alie. "Meski ikon salah satu pejuang di kota ini sudah ada, pada kenyataannya, semangat dan ajaran perjuangannya belum maksimal dilakukan," katanya.

Menurut rencana, pada Januari 2015 digelar maulid kebangsaan yang akan menandai dimulainya penerapan dari penggalian ajaran-ajaran KH Noer Alie. (Penrem/Susi)
 
Top