GuidePedia

Garut, Global Post
Bupati Garut H Rudi Gunawan menerima LPPKS Apreciation Tahun 2014. Penghargaan yang diberikan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tersebut diterima Bupati Garut di Kantor Pusat Pelatihan LPPKS Indonesia di Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah, Rabu (29/10/14).

Penghargaan diserahkan oleh Kepala Pusat Pengembangan Profesionalisme Pendidik kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Dr Unifah Rosyidi mewakili Menteri Pendidikan. Bersama dengan Garut LPPKS apreciation 2014 ini juga diberikan kepada 57 Kepala Daerah se-Indonesia yang mempunyai komitmen dalam peningkatan kualitas Kepala Sekolah.

LPPKSI menilai Kebijakan yang dilakukan Kepala Daerah sangat menentukan maju mundurnya upaya peningkatan dunia pendidikan, terutama terkait bagaimana peningkatan kualifikasi kepala sekolah.

Bupati Rudy saat dimintai tanggapannya menyampaikan tugas berat masih menanti dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Garut. Revolusi mental perlu segera dilaksanakan. Salah satu upaya yang mesti dilakukan adalah bagaimana meningkatkan kapasitas para pendidiknya, itu sudah menjadi komitmen kami.

Bupati menegaskan, bagaimana mampu meningkatkan dunia pendidikan apabila para pendidiknya tidak mempunyai kualifikasi, termasuk kepala sekolah. Seorang kepala sekolah, menurutnya, selain secara keilmuan harus baik dan harus paham bagaimana meningkatkan kualitas anak didik juga harus bisa menjadi manajer handal dalam mengelola lingkungan sekolahnya.

Siswa yang berkualitas berawal dari proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru yang berkualitas. Keberdaan Guru berkualitas akan tercipta manakala seorang kepala sekolah juga berkualitas. Kepala sekolah juga harus mampu membangun network dengan lingkungan lain. Begitupun dengan pengawas, pengawas harus bisa mengawasi sekolah juga dengan pengawasan yang berkualitas.

Nanti jangan harap ada guru yang tidak mempunyai Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS) menjadi kepala Sekolah. Kedepan untuk menentukan diangkat tidaknya seorang guru menjadi Kepala sekolah akan melalui tahapan seleksi.

Satu hal lagi, ujar Bupati, prasyarat utama agar sekolah mampu menciptakan anak didik yang berkualitas, adalah pihak sekolah harus mampu mengatur sendiri dengan mengedepankan kompetensi gurunya.

Selain Bupati Garut, di Jawa Barat yang menerima LPPKS apreciation 2014, diantaranya Bupati Indramayu, Walikota Depok, Kabupaten Ciamis, Kota Tasik, Kabupaten Bekasi, dan Cirebon.

Kepala bidang pendidikan menengah Disdik Garut, Mahdar Suhendar yang turut mendampingi Bupati menerima penghargaan menjelaskan, pengiriman 60 calon Kepala Sekolah untuk mengikuti pendidikan Calon Kepala sekolah di LPPKSI merupakan bagian dari upaya meningkatkan kualitas pendidikan.

Menurut Mahdar, proses seleksi calon kepala sekolah di kabupaten Garut akan terus dilaksanakan. Calon kepala Sekolah akan melalui proses pendidikan selama tiga bulan, baru akan ditentukan menjadi Kepala sekolah. (Syaiful Noor)
 
Top