GuidePedia

Depok, Global Post
DPRD Kota Depok menggelar Rapat paripurna Masa Sidang Pertama Tahun 2014-2015 dalam rangka Peresmian Pengangkatan Pengucapan Sumpah/Janji Pimpinan DPRD Kota Depok masa jabatan Tahun 2014-2019, Rabu (1/10) 2014.

Rapat Paripurna yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kota Depok Hendrik Tangke Allo, S.Sos dihadiri oleh para wakil ketua, para Anggota DPRD, Wakil Walikota Depok, Sekretaris Daerah dan unsur Muspida Kota Depok, Kepala instansi Vertikal Kota Depok, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama, Pimpinan Parpol, Ormas dan Tokoh pemuda serta semua Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kota Depok.

Berdasarkan Pasal 377 Ayat (4) Undang-undang Nomor : 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD menyatakan bahwa Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten/Kota diresmikan dengan Keputusan Gubernur, dan sehubungan dengan telah diterimanya SK Gubernur Provinsi Jawa Barat Nomor : 170/Kep.1343-Pem, Um/2014 tanggal 25 September 2014 tentang Peresmian Pengangkatan Pimpinan DPRD Kota Depok Masa Jabatan 2014-2919, maka pada hari ini, Rabu, 1 Oktober 2014 dilaksanakan Rapat Paripurna Istimewa  ini.

Unsur Pimpinan yang dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Kota Depok H. Dwi Sugiharto, SH. MH yaitu: Hendrik Tangke Allo, S.Sos terpilih sebagai Ketua DPRD Kota Depok dari Fraksi PDI-P yang meraih kursi 11 kursi dan 3 orang wakil ketua DPRD Kota Depok yaitu Yeti Wulandari, SH dari Fraksi Partai Gerinda yang meraih 9 kursi, M. Suparyono, A.Md.Ak dari fraksi PKS yang meraih 6 kursi dan Igun Sumarno Spd. MM dari Fraksi PAN yang meraih 6 kursi.

Ketua DPRD Kota Depok yang baru dilantik Hendrik Tangke Allo, S.Sos mengatakan bahwa saat ini DPRD Kota Depok sedang giat-giatnya bekerja untuk menyusun Peraturan Tata tertib DPRD Kota Depok yang dibahas dalam Pansus Tata tertib  dan telah memasuki  tahapan finalisasi, selain itu saat ini juga sedang dilakukan pembahasan usulan yang disampaikan oleh masing-masing  fraksi yang akan duduk dalam Alat Kelengkapan Dewan (AKD) yaitu Komisi-komisi dan Badan.

Semua kegiatan ini akan dikebut agar cepat selesai pembahasannya dan mudah-mudahan dalam waktu dekat ini akan diParipurnakan sehingga Pmpinan dan Anggota DPRD Kota Depok bisa mulai bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya (Tuposi) masing-masing untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kota Depok.

Ketua DPRD Kota Depok menegaskan target kerja 3 bulan  kedepan yakni fasos pada pelayanan public, pendidikan dan kesehatan, selain itu pembenahan pelayanan dan infrastruktur pada RSUD harus diprioritaskan karena masyarakat Kota depok selalu mengeluh soal pelayanan kesehatan pada RSUD yang kurang maksimal, untuk itu penyelesaian pembangunan RSUD perlu segera diselesaikan, DPRD Kota Depok akan berkoordinasi dengan Dinas terkait sehingga pelayanan kesehatan kepada masyarakat Kota depok kedepan akan lebih baik lagi.

Wakil Walikota Depok KH Idris Abdul Somad menyampaikan bahwa Pemerintah Kota depok berharap agar pimpinan Dewan yang baru dapat menjalankan tugas pokok, fungsi dan wewenangnya dengan baik sesuai dengan amanah yang telah dititipkan oleh masyarakat Kota Depok.

Mencermati telah disahkankannya Undang-undang MD3 dan juga Undang-undang  Pilkada oleh DPR-RI disampaikan bahwa mari kita menghormati dan menjalankan UU tersebut sesuai etika demokrasi pro dan kontra yang telah terjadi jangan menjadi penghalang untuk tetap fokus bekerja demi kemajuan masyarakat Kota Depok.

Sebelumnya, telah didahului dengan pembacaan Surat Keputusan Gubernur Provinsi Jawa Barat Nomor; 17/Kep.1343-Pem.Um/2014 tanggal 25 September 2014 tentang  Peresmian Pengangkatan Pimpinan DPRD Kota Depok Masa jabatan 2914-2019 oleh Sekretaris DPRD Kota Depok Drs. Muhammad Thamrin, S,Sos.MM.  Pada sidang Paripurna sebelumnya, Senin (15/9) 2014 telah dibentuk  8 fraksi pada DPRD Kota Depok yaitu : 1) Fraksi PDI-P sebagai Ketua Hermanto 2. Fraksi Partai Gerinda ketua H. Iing Hilman, SE. 3) Fraksi PKS ketua Qurtifa Wijaya, S.Ag. 4) Fraksi PAN Ketua Azhari S.Ag. 5) Fraksi Partai Golkar ketua Babay Suhaimi, SE. 6) Fraksi Partai Demokrat Ketua Ir. Edsy Sitorus. 7) Fraksi PPP ketua Hj. Qonita Luftiyati, SE,MM dan 8) Fraksi Restorasi Nurasi Bangsa (RNB) ketua Benhard, SH. (Jopi)
 
Top