GuidePedia

Bengkulu, Global Post
Warga Desa Kelurahan Padang Serai Rt 09 Rw 03 Kec. Kampung Melayu berkumpul di kediaman ketua Rt setempat untuk menanyakan adanya rumor yang berkembang belakangan ini, terkait permasalahan lahan/tanah yang mereka tempati selama puluhan tahun, belakangan ini berhembus rumor bahwa Warga Rt 09 Rw 03 Kelurahan Padang Serai tersebut yang telah menyerobot lahan/tanah yang mereka tempati ini, Kamis (16/10/2014) lalu.

Hal ini bermula ketika salah seorang warga Rt 09 Rw 03 ingin mengajukan pembuatan SKT melalui ketua Rt setempat, nyatanya saat pak Rt 09 menghadap ke kantor Kelurahan Padang Serai, pihak kelurahan selaku pemerintah kelurahan setempat tidak berani untuk mengeluarkan SKT tersebut. Alasannya status tanah tersebut masih dalam sengketa. “Ini semua di karenakan lahan/tanah di Rt 09 Rw 03 masih dalam sengketa,” kata  Muhamaddin,  lurah padang serai kepada ketua Rt 09 Rw 03.

Mendengar hal tersebut, maka seluruh warga Rt 09 Rw 03 berkumpul di rumah ketua Rt.untuk menanyakan kejelasan masalah ini.

Menurut para warga kalau memang benar bersengketa kami ingin tau siapa orangnya, tanahnya dimana, dan atas dasar suratnya apa? “Kami sudah lama tinggal disini sejak tahun 1984 hingga sekarang, dan selalu saja ada rumor yang mengatakan bahwa tanah yang kami tempati ini bersengketa dan di klaim oleh pihak lain. Kalau memang benar kami ingin tahu siapa orang yang mengaku (mengklaim-red) tanah yang kami tepati puluhan tahun ini. Pokoknya hari ini juga kami ingin kejelasan tentang permasalahan ini,” katanya.

Dengan adanya tindakan masyarakat tersebut akhirnya ketua Rt 09 langsung melaporkan permasalahan ini ke camat Kampung Melayu, hal ini dilakukan karena Lurah Padang Serai, Muhammadin tidak berada di tempat.

Tak selang berapa lama akhirnya Camat Kampung Melayu, Mitrul Ajsmi datang menemui warga, beliau menjelaskan bahwasanya warga Rt 09 Rw 03 jangan terpancing oleh isu-isu yang tidak jelas, karena sampai saat ini belum ada pihak yang menuntut apalagi mengklaim tanah tersebut.

Beliau mengatakan yang namanys sengketa itu kalau sudah ada yang menuntut, ujar pak camat kepada warga Padang Serai Rt 09 Rw 03. Setelah mendengarkan penjelasan dari camat, akhirnya emosi warga sedikit redam dan warga pun membubarkan diri dengan teratur.  (Ferry Hw/Hrd)



 
Top