GuidePedia

Wali siswa kelas 7 SMP Negeri Satu Kota Kediri resah sebab sekolah memungut biaya pendidikan hingga Rp 3 juta per siswa.  Pungutan ini diakui wali siswa sangat memberatkan. Apalagi penggunaannya untuk kebutuhan yang tidak rasional.

 Di antaranya untuk membeli AC, dan korden kelas. Kemudian untuk asuransi kesehatan, peralatan olahraga, seragam, buku materi pelajaran, kegiatan ulang tahun sekolah, peringatan hari besar agama dan hari besar nasional, serta sejumlah kebutuhan lainnya
.
 IR, salah satu wali siswa SMP Negeri 1 Kota Kediri menuturkan, selain besaran pungutan yang memberatkan, penggunaan sebagian dana tersebut juga dipertanyakan, mengingat operasional dan kebutuhan siswa SMP sudah didanai oleh Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

 “mayoritas kami utamanya dari keluarga miskin menolak pungutan ini. Untuk itu, sejumlah perwakilan dari wali siswa akan menemui pengelola sekolah guna mempertanyakan pungutan itu,”katanya.

 Sementara itu, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Kota Kediri Yayuk Cahyaningsih Rabu siang menolak memberikan penjelasan pada sejumlah wartawan yang menemuinya. Alasannya, dia sibuk rapat dan meminta wartawan menemuinya lain hari.(Aris)
 
Top