GuidePedia

Kediri Kab Globalpost,

Polres Kediri bekerja sama dengan dealer Honda Kamis (12/09) gelar pemilihan Duta Lantas yang diikuti dari anak pendidikan Taman kanak-kanak sampai jenjang perguruan tinggi.Event ini dilaksanakan bertepatan pada hari polantas ke 58.

Puncak acara HUT yang diselenggarakan di halaman Mapolres Kediri diisi dengan pemilihan duta lalu lintas. Acara pemilihan Duta Polantas diikuti ratusan siswa setingkat SMA hingga perguruan tinggi. Disamping itu satlantas juga menyelenggarakan lomba mewarnai bagi anak-anak setingkat taman kanak-kanak yang bertemakan polisi lalu lintas. Acara juga dimeriahkan atraksi para polisi cilik (pocil) dan orasi.

Dalam acara Kapolres Kediri AKBP Dheny Dariady mengatakan, lomba-lomba itu digelar dengan tujuan mengenalkan tugas Satlantas kepada pelajar. Diharapka para duta polantas bisa memberikan contoh kepada temannya dalam berlalulintas. 

“Ini sebagai upaya menekan angka kecelakaan, karena itu dalam kegiatan orasi, pelajar menjalankan sebagai petugas Satlantas. Mereka berdemo menangani korban kecelakaan dan menilang pengendara yang melanggar” ungkap Dheny. Kamis, (12/9).

Dalam pemilihan Duta Polantas tersebut, diikuti sekitar 96 peserta. Mereka datang dari seluruh perguruan tinggi se Kediri Raya dan seluruh sekolah setingkat SMA yang terdapat di Kabupaten Kediri. Dalam pemilihan duta lalu lintas itu, dipilih empat nominator yang menjadi juara harapan, juara tiga dan juara dua serta juara satu. Para juara nantinya akan diikutkan dalam pemilihan duta lalu lintas di tingkat Polda jatim.

Kasat Lantas Polres Kediri AKP Ari Wibowo mengatakan, peringatan HUT Polisi Lalu Lintas yang ke 58 ini diperingati oleh seluruh jajaran Polantas di lingkup Polres Kediri. Kegiatan yang melibatkan anak-anak baik setingkat taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi ini dimaksudkan untuk menumbuhkan jiwa kesadaran berlalulintas dikalangan anak-anak dan para pelajar hingga mahasiswa. 

“Kita melibatkan anak-anak dari tingkat taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi ini untuk menanamkan jiwa tertib berlalu lintas sejak dini pada anak-anak. Sedang di kalangan pelajar hingga mahasiswa tujuan kita untuk menumbuhkan etika berkendara di kalangan mereka sehingga angka kecelakaan lalu lintas di tingkat pelajar dan mahasiswa dapat terkurangi,” jelas Kasat Lantas. Kamis, (12/9)

Kasat lantas menambahkan, pemilihan duta lalu lintas yang diselengarakan oleh sat lantas Polres Kediri ini kedepan akan dilangsungkan secara rutin setiap tahun. Para pemenang pemilihan duta lalu lintas ini akan dikirim untuk mewakili Polres Kediri pada pemilihan Duta Lalu lintas di tingkat kepolisian daerah (Polda).

Menurut Kasat lantas, para pemenang duta lalu lintas tersebut akan mendapat pembekalan khusus dari para mentor yang akan didatangkan oleh Satlantas Polres Kediri untuk mempersiapkan pemilihan duta di tingkat Polda Jatim. Kasat lantas berharap, para duta lalu lintas Polres Kediri kali ini dapat menyabet juara di tingkat Polda dalam pemilihan duta lalu lintas tingkat Polda yang akan datang.

“Harapan kita mereka bisa mendapat juara. Untuk itu kita akan latih secara inten sebelum mengikuti acara tersebut.” Pungkasnya. (bb/adv).
 
Top