GuidePedia

Ciamis, Global Post 
Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang di gelar, bertahap secara serentak di kabupaten Ciamis sedang dilaksanakan. Dari hasil pantauan Global Post di lapangan pelaksanan pemilihan kepala desa Sukaresik Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis yang dilaksanakan pada hari selasa (20/ 8/ 2013) bertempat di halaman sekolah dasar negeri Sukaresik, tepatnya di belakang kantor Balai Desa Sukaresik berjalan lancar, tertib dan sangat kondusif sesuai yang direncanakan. 

Tampak hadir pada acara tersebut, pimpinan Muspika kecamatan Sindangkasih, pejabat pemerintah tingkat kabupaten Ciamis, ketua dan sekretaris Dadang Mulyadi anggota panitia pilkades Sukaresik, para tamu undangan lainnya. Ribuan warga masyarakat desa Sukaresik antusias menyalurkan hak suaranya, untuk memberikan dukungan kepada para masing-masing calon kepala desa, tampaknya semakin tegang. 

Ketegangan para calon tidak bisa dipungkiri, meskipun para kandidat tetap mengedepankan sportivitas dengan bersaing secara sehat dan profesional. Masyarakatpun sudah pandai menilai dan menentukan calon yang berkualitas, punya loyalitas dan berwawasan, untuk menjalankan roda Pemerintahan, yang mengedepankan kepentingan masyarakat, dan pemerataan  pembangunan di desannya. 

Usai pencoblosan yang diakhiri oleh masing-masing kandidat dari nomor urut 1, 2 dan 3, pada saat itu juga langsung  masing-masing calon kepala desa diamankan di tempat terpisah untuk menghindari sesuatu hal yang tidak diinginkan terjadi. 

Panitia penyelenggara pilkades langsung membawa masuk hasil kotak suara kedalam ruangan tertutup, hanya panitia khusus yang bisa masuk dengan didampingi masing-masing saksi dari para calon kandidat.
Masyarakat sangat antusias dan sabar menunggu hasil perhitungan suara karena ingin mengetahui dan mendengarkan langsung yang akan diumumkan oleh panitia. Proses pelaksanaan Pilkades Desa Sukaresik berjalan tertib lancar, aman, kondusif. 

Pilkades yang dilaksanakan sejak pukul 8.00 dan ditutup pukul 14.00 wib dan selesai perhitungan suara pukul 16.15 wib. Akhirnya usai perhitungan suara yang dianggap sah oleh panitia, tiba saatnya ketua panitia pelaksana pilkades desa Sukaresik mengumumkan langsung melalui pengeras suara, yang pada akhirnya perolehan suara terbanyak dimenangkan oleh nomor urut 3 Sarwa Suherli dengan perolehan  suara sebanyak 1.123 orang, dan nomor urut 2 Irwan dengan perolehan suara 543 orang, Kosim  nomor urut 1 perolehan suara 781 Orang. 

Usai perhitungan warga  masyarakat desa Sukaresik mendengar calon yang di jagokan menang langsung para  pendukungnya sorak sorai karena  ungkapan kegembiraan yang tidak bisa terbendung. Namun tak lama kemudian setelah meluapkan kegembiraannya mereka membubarkan diri  masing- masing pulang kerumahnya. Mesku demikian ada juga yang langsung menuju ke rumah calon kades terpilih Sarwa Suherli untuk mengucapkan selamat atas kemenangannya. 

Pada hari ke dua setelah pilkades dilaksanakan, dari hasil pantauan Global Post di rumah kediaman calon kandidat terpilih Sarwa Suherli nampak tak henti-hentinya silih berganti para pendukungnya mengucapkan selamat kepada Sarwa Suherli yang mendapat kepercayaan dari warga masyarakat Desa Sukaresik Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis, untuk memimpin desanya periode 2013-2019. 

Sarwa Suherli ketika ditemui wartawan Global Post di rumah kediamannya nampak ramah dan murah seyum, santun dalam menghadapi semua tamu yang hadir, walaupun dirinya nampak sudah lelah menerima banyak tamu yang datang. Tetapi dirinya tetap menghadapinya dengan seyum dan mereka tak henti-hentinya mengucapkan rasa terima kasih kepada para tamu yang menghadirinya. 

Merekapun berbalik mendoakan kepada para tamu memanjatkan do’a mengucapkan rasa syukur kepada Allah SW T atas dukungan semoga Allah yang akan membalas atas kebaikannya,kata Sarwa Suherli.
Dan Masih kata Sarwa Suherli kepada Wartawan Global Post ia mengatakan, untuk mempererat tali silaturuhmi antar sesama. Dan untuk menyampaikan rasa ungkapan terima kasih saya kepada warga masyarakat. Maka saya adakan “ngubyag balong“ di masing-masing  dusun yang berada dilingkungan Desa Sukaresik, ujarnya.  (Herman B)   
 
Top