GuidePedia

Jakarta, Global Post 
Aksi Bank DKI kembali mendukung program Pemprov DKI untuk penataan pedagang kaki lima dengan memberikan fasilitas 108 showcase dan 1 kanopi  kepada para PKL  asesoris dan pakaian di depan museum fatahillah kota tua cluster 2. Pemberian fasilitas tersebut diserahkan oleh Direktur Utama Bank DKI, Eko Budiwiyono dan Kepala Dinas UKM DKI Jakarta, Ratnaningsih disaksikan oleh Walikota Jakarta Barat, Fatahillah di Jakarta (26/08).
 
Direktur Utama Bank DKI, Eko Budiwiyono menjelaskan bahwa pemberian fasilitas tersebut merupakan bentuk kepedulian Bank DKI terhadap sektor UMKM. Januari lalu, Bank DKI memberikan fasilitas berupa 28 gerobak dan renovasi shelter kepada PKL di Sunda Kelapa.

Eko berpendapat UKM termasuk pedagang kaki lima merupakan sektor ekonomi yang memiliki ketahanan yang baik terhadap gejolak kondisi perekonomian. Pertumbuhan sektor UKM juga menjadi salah satu indikator tingkat ketahanan ekonomi dan produktivitas masyarakat. 

Ia turut berharap agar para pedagang kaki lima untuk terus mengembangkan diri, dan mulai melirik untuk memanfaatkan produk perbankan. “Para pedagang kaki lima dapat memanfaatkan produk Bank DKI seperti KUMK Monas, Monas 25, Monas 75 dan Monas 500. Bank DKI juga turut menyalurkan Kredit Usaha Rakyat,” ujar Eko.

Kepala Dinas UKM DKI Jakarta, Ratnaningsih mengapresiasi kepedulian Bank DKI terhadap para pedagang kaki lima di kawasan museum fatahillah.  Ia pun menjelaskan dengan adanya penataan pedagang kaki lima, justru diharapkan omzet dari para pedagang kaki lima akan semakin meningkat. “Dengan sarana, dan fasilitas yang lebih baik untuk berdagang akan memberikan nilai tambah dan pengunjung akan semakin lebih nyaman,” tuturnya. (Wel/Az)
 
Top