GuidePedia

 Ciamis, Global Post
Acara Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Gunung Cupu Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis berjalan lancar, aman, tertib dan kondusif sesuai yang diharapkan panitia penyelenggara Pilkades.  
 
Ketua panitia pelaksana pilkades Fadil, usai acara ketika di wawancara Global Post mengucapkan terima kasih kepada warga masyarakat Gunung Cupu dan semua elemen atas partisipasinya dan dukungannya, sehingga pelaksanaan Pilkades berjalan lancar, tertib, aman dan sukses. Mudah-mudahan semua ini menjadi kemaslahatan demi kemajuan bangsa Indonesia khususnya masyarakat warga Gunung Cupu. Tak luput karena ini semua berkat bimbingan dari bapak-bapak di kecamatan dan pejabat pemerintah kab. Ciamis yang selalu memberikan bimbingan kepada kita selaku panitia pilkades desa Gunung Cupu agar dapat melayani masyarakat dengan baik dan cepat, katanya.

Pantauan Global Post di lapangan acara pemilihan Kepala Desa Gunung Cupu nampak dihadiri Muspika Plus Kecamatan Sindangkasih, para anggota kapolsek Cikoneng, Danramil Cikoneng dan anggota, camat Sindangkasih Rudy, kapolsek Cikoneng, ketua dan anggota panitia pilkades Gunung Cupu, warga masyarakat dan para tamu undangan lainnya.

Kegiatan pencoblosan pilkades bertempat di lapangan olahraga desa Gunung Cupu Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis dilaksanakan tepat pukul 08.00 wib dan ditutup pukul 13.15 wib, karena ada perpanjangan waktu selama lima belas menit untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat yang ingin menyalurkan hak pilihnya kepada Calon Pilkades yang mereka dukung secara bebas dan rahasia. 

Tepatnya pukul 13.15 wib acara pilkades diakhiri oleh masing-masing kandidat dengan nomor urut 1 Saepul Hidayat dan nomor urut 2 Iyan Suryana, AMd, untuk menyalurkan hak pilihnya sendiri. Usai melaksanakan hak pilihnya masing-masing kandidat walaupun nampak tegang, tetap kedua kandidat saling berpelukan dan merangkul untuk tetap mengedepankan sportivitas dengan bersaing secara sehat dan profesional. 

Acara diakhiri dengan penandatanganan berita acara dari masing-masing kandidat, usai menandatangani mereka dua-duanya dipersilahkan pulang ke rumah masing-masing dan tidak diperbolehkan mendengarkan hasil peroleh suara oleh panitia. 

Panitia langsung bergegas mengamankan kotak suara dibawa ke ruangan khusus dan tertutup hanya panitia khusus yang bisa memasuki ruangan tersebut untuk menyaksikan perhitungan peroleh suara dan disaksikan oleh masing-masing para saksi dari kedua kandidat yang didampingi oleh aparat kepolisian, anggota koramil, satpol PP, ketua panitia pilkades Gunung Cupu. 

Selang tidak terlalu lama hasil yang ditunggu-tunggu warga masyarakat Gunung Cupu, ternyata panitia sudah dapat mengumumkan hasil dari perolehan suara yang disiarkan melalui pengeras suara oleh ketua panitia pilkades Fadil, Saepul Hidayat dengan urut 1 sebagai calon Kepala Desa Gunung Cupu Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis untuk periode 2013–2019, dengan peroleh suara sebanyak 2.569 suara.
Dia mengalahkan saingannya nomor urut 2 yaitu Iyan Suryana, AMd, yang meraih suara sebanyak 1.046 suara. Dari jumlah suara hak pilih yang masuk dan dianggap sah oleh panitia sebanyak 3.615 suara. 

Dengan demikian secara sah panitia mengatakan, Saepul Hidayat dengan nomor urut 1 yang menjadi calon kepala desa dinyatakan menang dan terpilih sebagai Kepala Desa Gunung Cupu untuk memimpin desa periode 2013–2019 yang akan datang. 

Usai acara wartawan Global Post menyambangi calon kades terpilih Saepul Hidayat di rumah kediamannya. Dan ternyata sudah banyak tamu yang berdatangan untuk mengucapkan selamat atas terpilihnya menjadi Kepala Desa yang baru untuk membangun desanya lebih maju lagi.

Dari pantauan Global Post usianya terbilang masih muda, tapi ternyata banyak dukungan dari warga masyarakat yang khususnya dari Gunung Cupu. Saepul tidak banyak komentar ketika banyak didatangi para tamu yang datang silih berganti. Hanya saja, ia mengucapkan terima kasih tak henti-hentinya kepada setiap para tamu yang datang ke rumahnya. Dan iapun nampak masih semangat terus menerimanya. (Herman B)
 
Top