GuidePedia

Nunukan, Global Post 
Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Nunukan menggelar Rapat Pleno tentang Penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) Calon Anggota Legislatif DPRD Kabupaten  Nunukan  tahun 2014 bertempat di Hotel New Fortune Nunukan Kamis (22/8). Hal ini berbeda dengan penyelenggaraan Pemilu legislatif tahun 2009 yang dalam kertas suara pemilihan masih melampirkan foto caleg, namun pada pemilihan legislatif tahun 2014 tidak akan melampirkan foto, hal tersebut disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Nunukan, Muhammad Sain, ST.

“Ini kita sampaikan kepada seluruh calon anggota legislatif dan masyarakat untuk diketahui bahwa foto calon anggota legislative tidak akan terlampir dalam lembar kertas suara,” ujarnya.

Sain mengatakan rapat pleno yang diselenggarakan telah sesuai dengan agenda yang telah ditetpakan KPUD Nunukan dan seluruh calon anggota legislative telah dilakukan verifikasi dan memenuhi persyaratan dan ketentuan peraturan yang berlaku. Terdapat 281 orang calon anggota legislative yang dinyatakan memenuhi syarat untuk ditetapkan dalam Daftar Calon Tetap (DCT) sesuai dengan Surat Keputusan KPU Nunukan No : 22/KPTS/KPU-NNK/0-21/2013 tentang daftar calon tetap anggota DPRD Kabupaten Nunukan.

Sain menyampaikan proses tahapan yang telah dilakukan KPUD Nunukan dimulai dari pengajuan daftar bakal calon anggota legislatif tahap pertama yang dilakukan pada tanggal 9-22 April 2013 dan tahap kedua tanggal 9-22 Mei 2013, kemudian dilakukan verifikasi administrasi pada tanggal 23 April sampai dengan 6 Mei untuk tahap pertama dan tahap kedua dilakukan tanggal 23-29 Mei setelah dilakukan verifikasi administrasi Calon anggota legislatif yang dinyatakan memenuhi persyaratan administrasi ditetapkan dalam Daftar Calon Sementara (DCS) tanggal 30 Mei – 12 Juni kemudian diumumkan pada tanggal 13-17 juni. Setelah diumumkan KPUD Nunukan meminta masukan dan tanggapan masyarakat pada tanggal 14 – 27 Juni, katanya.

“KPU telah memberikan waktu kepada seluruh partai maupun masyarakat untuk mengajukan tanggapan, sanggahan  maupun perbaikan terhadap seluruh calon anggota legislatif kepada masing-masing partai yang akan mengikuti  pemilihan legislatif dan ada 3 partai yang mengajukan tanggapan yaitu partai Golkar, partai PDIP dan partai PKPI,” ujarnya.

Meskipun Muhammad Sain mengaku hanya 3 partai yang mengajukan tanggapan, dan KPUD telah melakukan klarifikasi terhadap calon anggota legislative kepada partai politik pada tanggal 28 Juni – 4 Juli kemudian penyampaian klarifikasi oleh partai politik 5-18 Juli. Namun diakuinya pengaduan juga banyak diterima dari masyarakat, namun pengaduan tersebut tidak dapat ditindak lanjuti dikarenakan tidak melampirkan identitas.

“Kami banyak menerima pengaduan dari masyarakat yang bentuknya seperti surat kaleng ke KPUD, namun terkandala dengan identitas pelapor tidak dilampirkan, sehingga sulit melakukan konfirmasi terkait kebenaran laporan tersebut,” ujarnya.

Selain itu tahapan yang telah dilakukan KPUD Nunukan yakni pemberitahuan penggantian Daftar Calon Sementara Legislatif (DCS) tanggal 19-25 Juli kepada partai politik,  pengajuan penggantian bakal calon oleh partai politik 26 Juli sampai dengan 1 Agustus dilanjutkan dengan verifikasi administrasi oleh KPUD Nunukan tanggal 2-8 Agustus kemudian dilakukan penyusunan dan penetapan calon dan terkahir yakni pengumuman dan penetapan daftar calon tetap calon anggota legislatif pada pemilu tahun 2014 mendatang.
“Setelah diumumkan dan ditetapkan dalam daftar calon tetap KPUD Nunukan tidak akan mennerima kembali sanggahan maupun perbaikan daftar calon dikarenakan proses tahapan penetapan calon sudah berakhir dan akan tetap melanjutkan tahapan pemilu legislatif,” ungkapnya.

Rapat pleno KPUD Nunukan dihadiri Bupati Nunukan yang diwakili Staf Ahli bidang Politik Drs. H. Sabaruddin MSi, Wakapolres Nunukan Kompol Feri Jaya S.Sik, Ketua Panwaslu Abdul Kadir, S.Ag dan Perwakilan Partai Politik. (Hms/Rdm/Gp)
 
Top