GuidePedia

Rejang Lebong, Global Post
Melalui Dinas Pertanian Kabupaten Rejang Lebong dalam rangka mengembangkan program swasembada beras program pusat terus di genjot oleh dinas bersangkutan setempat. 

Dana APBN DKTP cetak sawah senilai 3 milyard rupiah kali ini menuju sasaran empuk di wilayah kota dingin itu mencapai seluas 300 hektare, dari lokasi seluas itu sebagain sudah di garap, bahkan hingga saat ini sudah mencapai 20 %. “Dari luas lokasi itu hingga kini sudah digarap lebih kurang mencapai 20 persen kinerja kami,” ujar Hadi Wiyatno, SP selaku kabid pengolahan lahan dan air dinas pertanian Kab. Rejang Lebong.

Lahan seluas 300 hektare tersebut terbagi 7 kecamatan yakni, Kecamatan Curup Selatan 30 hektar, Bermani Ulu, bermani Ulu Raya, Binduriang, Sindang Beliti Ulu, Sindang Beliti Ilir dan Padang Ulak Tanding.  “Pekerjaan ini sudah kami gelar pada awal Juni lalu dengan mengajak kerjasama kinerja kelompok tani yang handal di bidangnya,” tutur Ir. Redha kusmartono, M.Si selaku kepala dinas Pertanian Rejang Lebong.

Sebanyak 26 kelompok yang terbagi di 7 kecamatan tersebut dengan dana rata rata di bagi 10 juta rupiah dan didukung dengan bantuan dari dana total seperti bibit, pupuk, dan lainnya, ungkapnya.
“Tahun lalu kita  mendapatkan dana bantuan senilai satu milyard, sedangkan tahun ini kita mendapat Rp 3 milyard. Adapun harapan untuk tahun depan sebesar Rp 5 milyard dengan lahan seluas 5 hektare, kita harapkan bsa menjadi harapan kita semua dalam mengembangkan swasembada beras,” ujar Ir.  Redha mengakhiri perbincangannya. (Ireh) 
 
Top