GuidePedia

Para peziarah di maqom Baganjing (Bupati Sukapura yang Pertama Rd. Wirawangs ) tidak bisa masuk
Kab. Tasikamalaya, Global Post - Untuk mengingat jasa, Baganjing alias Bupati Sukapura yang Pertama, yakni Raden Wirawangsa yang bertempat di Desa Sukaraja Kecamatan Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat. 


Dari hasil  pantauan Global Post  di areal makam yang berada di dataran tinggi tampak ramai dikunjungi para peziarah. Peziararah yang datang selain peziarah dari Kabupaten Tasikmalaya ada juga dari luar daerah Kabupaten Tasikmalaya, seperti yang terjadi belum lama ini, Ketua Rombongan Peziarah R.W Hadiningrat dari Sragen Solo ketika ditemui Global Post ia mengatakan kalau dirinya masih ada keturunan dari Makam Baganjing (Rd. Wirawangsa - red) Bupati pertama Sukapura.


“Adapun tujuan kita datang jauh-jauh dari Sragen kesini adalah ingin mendo’akan Leluhur kita,  ngadu’akeun ku ziarah, komo deui lamun urang tiasa ziarah ku maqom kanjeng Nabi.  Janji kanjeng Nabi “Saha Jalma anu ziarah ku maqom kaula, maka eta jalma wajib Meunang Syafaat Kaula. “Atuh  sangkan ziarah jeung pangorbanan jadi  thoat /ibadah. Niat sing ihklas, sapanjang jalma eling ka Alloh bari ngalaksanaken katangtuan ibadah maksud ngaduaken ka mayit jeng ngalap berkah ku amal jeng jasana. tetapi kami sangat kecewa ketika mau masuk dengan rombongan untuk mengadakan tahlilan, untuk berdoa bersama ternyata pintu masuk ke Maqom  terkunci rapat-rapat, katanya. 


Dan masih kata dia, Ketika saya menanyakan ke Kuncen penjaga maqom Bapati Sukapura Pertama, kuncen mengatakan kepada saya kalau kuncinya dipegang saudara Djoni, saya jadi gak habis pikir kenapa Djoni ini menutup maqom ini tanpa ada kompromi terlebih dahulu. Saya sangat menyayangkan perbuatan Djoni ini hanya sepihak.harapan saya ke depan pintu maqom ini lebih baik terbuka dan siapapun peziarah yang datang mau masuk bisa bebas, pintanya. (Herman B)  
 
Top