GuidePedia

Bekasi, Global Post
Wawan, selaku tokoh masyarakat Kelurahan Margahayu mempertanyakan kinerja Lurah Margahayu, Suhermawan. Pasalnya, ketika Ismail dan Baiyah, warga Jl.Raden Ajeng Kartini Gang Mawar RT.002 RW.003, Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur,  Kota Bekasi yang diwakili oleh Wawan akan mengurus surat keterangan usaha dan surat keterangan ahli waris, dipersulit oleh pihak kelurahan. 
 
Pada hari pertama, Wawan datang untuk menghadap lurah Margahayu. Lurah Margahayu meminta kepada Wawan untuk melengkapinya dengan surat pengantar dari RT dan RW. Pada hari berikutnya, setelah dilengkapi dengan surat pengantar RT dan RW, masih juga dipersulit dengan alasan harus pakai retribusi yang akan disetorkan kepada kecamatan.
Wawan pun menyerahkan uang sebesar Rp. 50.000, namun ironisnya surat keterangan ahli waris tidak juga ditanda tangani oleh lurah Margahayu Suherman, dengan alasan staf agenda tidak ada di tempat. Padahal, ketika itu masih jam kerja, baru pukul 14.00 Wib. 
Di sinilah kelihatan kinerja Lurah Margahayu tidak profesional. Tidak bisa memperintahkan stafnya. Untuk datang agar mengagendakan surat tersebut. Sehingga, lurah menjanjikan untuk datang lagi besok. 
Bagaimana wawan tidak mempertanyakan kinerja Lurah Margahayu? Untuk menandatangi surat keterangan ahli waris itu saja sampai memerlukan 3 hari lamanya. Hal tersebut sudah dikonfirmasikan oleh wawan kepada Camat Bekasi Timur Lukmanul Hakim, termasuk masalah retribusi. Camat membenarkan adanya retribusi hanya sebesar Rp. 10.000 saja. 
Sedangkan Walikota Bekasi. Dr. H. Rahmat Effendi sedang giat- giatnya melaksanakan SPIP (Sistem Pengendalian Intern Penerintah): Melalui SPIP Kita Tingkatkan Kenerja dan Pelayanan Prima, Pelayanan yang Baik dan Prima kepada Warga Masyarakat Kota Bekasi. 
“Yang sesuai dengan prosedur yang berlaku akan selalu diupayakan serta dioptimalkan oleh Walikota Bekasi. Namun hal tersebut tidak dilakukan oleh Lurah Margahayu,” kata Wawan kepada Global Post, pekan lalu.
Sementara hasil pantauan Global Post, memang keliatan sekali Lurah Margahayu mempersulit pelayanan terhadap Ismail dan Baiyah, yang sangat membutuhkan surat keterangan untuk persyaratan meminjam uang ke bank, dan untuk modal usaha dagang baju keliling, dalam rangka menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1434 H yang akan datang. (Agus)
 
Top