GuidePedia

Demak, Global Post
Ribuan siswa lulusan SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK hingga tanggal 20 Juni 2013, belum menerima Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN). Pasalnya, blangko sama sekali belum didistribusikan oleh Provinsi Jawa Tengah. Sedangkan blangko Ijazah yang didistribusikan hanya untuk lulusan SMA.


Moh. Abdul Haris, Kabid Sekolah Menengah Dindikpora Demak, mengatakan ribuan blangko ijazah maupun SKHUN belum diterima, karena dari pusat terlambat mendistribusikan blangko ke provinsi.

“Kami baru menerima blangko ijazah untuk SMA. Sedangkan ijazah dan SKHUN lulusan SD/MI dan SMP/MTs belum dikirim dari provinsi,” terangnya.

Adapun siswa yang berhak menerima ijazah dan SKHUN, sesuai dengan daftar nominasi tetap Ujian Nasional 2013 sebanyak 29.333. Rinciannya, 595 peserta didik SD, untuk SMP/MTs 17.721, dan SMA/MA sebanyak 7.895, dan untuk SMK sebanyak 3.125.

Namun, Penerimaan Peserta Didik (PPD) akan berlangsung mulai 24-27 Juni, untuk semua satuan pendidikan, sehingga yang belum menerima SKHUN asli diminta agar tidak khawatir. Bagi lulusan yang belum menerima ijazah, akan diberi SKHUN sementara, yakni untuk meninjau prosentase nilai saat PPD.

“Bila ada yang melanjutkan kesatuan pendidikan diluar Jawa Tengah dan dari pihak sekolah akan menerbitkan surat keterangan bahwa ijazah asli belum terbit,” ungkapnya. (Tim/Sm)
 
Top