GuidePedia

Nunukan, Global Post 
Acara Festival Nunukan Gemilang Tahun 2013 Garapan Dinas Kebudayaan, Pariwisata Pemuda dan olahraga Kabupaten Nunukan yang dilaksanakan pada (21/6/2013) pekan kemarin, dibuka langsung oleh Bupati Kabupaten Nunukan Drs. Basri.
 
Acara Parade Budaya yang dihadiri oleh seluruh Kontingen dari berbagai Kecamatan se – Kabupaten Nunukan, Kabupaten, Kota di Provinsi Kalimantan Timur yang juga turut hadir Dua  Negara serumpun yakni Brunai Darussalam dan Malaysia saat dibukanya Festival Budaya dan berlangsung selama kurang lebih Tiga hari berlangsung.

Acara Festival  Nunukan Gemilang tersebut, terselenggara dengan baik dan sangat meriah di Alun Alun Kota Nunukan, karena penampilan yang beraneka ragam dari seluruh Kontingen yang hadir.

Saat dibukanya acara tersebut, penampilan Marching Band, Gita Swara Sempadan dan SMA Negeri I Nunukan berturut turut. Kemudian penampilan dari berbagai kontingenpun mulai hadir di hadapan para undangan dan masyarakat yang tampak sangat antusias menyaksikan acara dari setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Nunukan, di antaranya adalah penampilan dari Kecamatan Lumbis, Lumbis Ogong, Kecamatan Krayan, Kecamatan Nunukan Selatan, Kecamatan Sebatik, Sebatik Utara, Kecamatan Sembakung,dan Kecamatan Sebuku.

Selain itu, kontingen dari Kabupaten/Kota yang ikut tampil pada acara tersebut adalah kontingen dari Kabupaten Bulungan dan Kota Samarinda. Sementara dari Nunukan menurunkan 50 personil, dengan lenggak lenggok gemulai lihai ditarikan oleh kontigen dari Kabupaten Nunukan yang mengkolaborasikan tarian dari pedalaman dan pesisir.

Tarian tersebut menceritakan tentang seorang gadis yang tumbuh dewasa seperti diumpamakan bunga busak paye yang tumbuh di dataran tinggi Borneo.

Kemudian yang menarik perhatian dalam acara parade budaya tersebut adalah penampilan dari Kontinggen Brunai Darussalam dan Sabah Malaysia. Kedua kontingen dari negara serumpun Indonesia ini, menampilkan tari budaya pesisir dan pedalaman.

Menurut keterangan Drs. Petrus Kanisius HB, M.Si selaku Kadis Budparpor Kabupaten Nunukan bahwa, Festival Nunukan Gemilang yang telah dilaksanakan sebanyak 8 Kali dengan bertujuan untuk mengangkat seluruh potensi pariwisata dan budaya. ”Festival Nunukan Gemilang ini juga telah menjadi kalender even Provinsi Kaltim dan Nasional,” ujarnya. 

Petrus Kanisius HB, M.Si menjlaskan bahwa di tahun 2014 Festival Nunukan Gemilang akan menambah dan memperluas keanggotaannya untuk seluruh Kalimantan dan ASEAN. Selain itu, menjabarkan berbagai kegiatan yang akan dilakukan selama pelaksanaan Festival ini.

Petrus Kanisius menambahkan bahwa acara ini akan dilaksanakan selama 3 hari. Festival dan lomba antar Kontingen juga terbagi atas 2 Kategori, yakni Kategori Kabupaten / kota se – Kaltim dan Antar Negara, kemudian untuk Kategori kedua adalah Kecamatan se – Kabupaten Nunukan.

”Selain lomba tari pada Festival yang digelar di GOR Nunukan juga akan dilombakan Duta Pariwisata Kabupaten Nunukan. Dari 49 yang mengikuti seleksi, ada 20 yang lolos untuk mengikuti lomba pemilihan Duta Pariwisata ini tersebut,” tambah Petrus. (HMS/RDM)
 
Top