GuidePedia

Jakarta, Global Post
Sebanyak 415 pejabat eselon III dan IV di lingkungan Pemprov DKI Jakarta yang telah lolos mengikuti seleksi dan promosi jabatan terbuka dilantik Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo. Setidaknya ada 311 camat dan lurah yang dilantik, sementara sisanya adalah kepala suku dinas, asisten sekretaris kota, serta kepala bidang.

Berdasarkan data Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta, dari 415 pejabat yang dilantik, sebanyak 78 merupakan pejabat eselon III yang terdiri dari 44 camat dan 34 non camat. Kemudian 337 adalah pejabat eselon IV, yang terdiri dari 267 lurah dan 73 non lurah.

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo meminta kepada pejabat yang baru dilantik agar dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Terutama bagi camat dan lurah, sebagai garda terdepan pelayanan masayarakat. Mengingat pejabat yang dilantik telah melalui serangkaian tes di berbagai bidang.

"Saya kira semua sudah dites kemampuan pelayanan prima, apa yang harus dilakukan jelas, bahwa semuanya harus melayani masyarakat sebaik-baiknya. Kalau ada keluhan mengenai pelayanan di kelurahan dan kecamatan segera diperbaiki," kata Jokowi, di halaman Balaikota DKI Jakarta, Kamis (27/6).

Para pejabat juga diminta tidak membiarkan masalah kecil yang terjadi, sebab akan semakin membesar dan tidak dapat ditangani. Contoh yang diberikan yakni pembersihan selokan, dengan mengajak RT dan RW, serta warga untuk membersihkan. Sehingga saat hujan tiba tidak akan menyebabkan banjir.

Contoh lain yang diberikan yakni memonitor keberadaan pedagang kaki lima (PKL) dan parkir di tempat terlarang. Dengan demikian keberadaan mereka tidak akan meluas yang bisa menimbulkan kemacetan. "Camat dan lurah melakukan kontroling dan ikut menggerakkan masyarakat," ujarnya.

Ke depan, lanjut Jokowi, pihaknya akan membuat index government service, untuk dapat melihat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang telah diberikan. "Akan kelihatan pelayanan di kita sedang, baik, atau kurang baik. Saya menghargai dalam 8 bulan kalian bekerja keras, tapi saya ingin anda bekerja lebih keras lagi," tegasnya.

Tampak di antara pejabat yang dilantik yakni, Mursidin sebagai Camat Kebonjeruk, Lola Novita sebagai Camat Senen, Agus Satyawan sebagai Lurah Kembanganutara, Bayu Megantara sebagai Asisten Sekretaris Kota Jakarta Pusat, Hendri sebagai Camat Gambir, Made sebagai Sekretaris Dinas Kominfomas, serta Isnawa Adji sebagai Asisten Perekenomian Sekretaris Kota Jakarta Barat. (Bj/Wly/Az)
 
Top