GuidePedia

Ciamis, Global Post 
Kemajuan pembangunan di Desa Sukamulya Kec. Baregbeg Ciamis selama ini tak lepas dari tangan tangan dingin warganya yang merantau di luar daerah.  Mayoritas mereka bekerja sebagai pengusaha besi dan baja. Di perantauan sana mereka membentuk suatu wadah yang bernama “REPLIKA” (Remaja Peduli Kampung Halaman), sekurangnya seribu anggota telah dimiliki semenjak wadah ini terbentuk pada tanggal 8 Agustus 2010.

Ditemui dalam rangka munggahan, selasa (2/7), Asep Dodi selaku penasehat yang juga merupakan Presiden pertama menuturkan, ikhwal berdirinya REPLIKA yang menurutnya telah mengalami dua kali pergantian pimpinan semenjak awal berdiri. Tapi pada dasarnya marwah organisasisi masih dijunjung tinggi. 

Sesuai dengan namanya ‘Remaja Peduli Kampung Halaman’, kepedulian serta kecintaan terhadap kampung halaman diwujudkan dalam implementasi nyata dengan membangun sarana dan prasarana publik. Rabat beton maupun pengaspalan jalan kampung terus dilakukan secara berkesinambungan. Prestasi besar ditorehkan pula dengan keberhasilan Poskamling ‘REPLIKA’ sebagai poskamling pecontohan sekaligus yang terbaik se- Jawa Barat.

Kebersamaan pemikiran dalam upaya membangun tanah kelahiran yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan terhadap saudara dikampung halaman menjadi motivasi terbentuknya REPLIKA, terang Asep Dodi.

Prestasi REPLIKA tak hanya dalam pembenahan infrastruktur semata, sektor sosial juga disentuh dengan penciptaan lapangan kerja. Sebuah perusahaan yang bergerak dalam pembuatan genteng dan hollow-pun telah didirikan. Perusahaan ini merupakan BUMR (Badan Usaha Milik Replika) dengan kemampuan menyerap hingga ratusan pekerja. 

Hal ini diungkapkan oleh H. Ade Syarif Hidayat selaku Presiden Replika, selasa (2/7,) ketika mengadakan kegiatan bersih-bersih jalan desa. “InsyaAllah, sebagian besar laba BUMR ini nantinya akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur desa dan juga kegiatan kegiatan sosial lainnya,” kata H. Ade.

Dampak positif keberadaan REPLIKA dirasakan pula oleh masyarakat di Kec Baregbeg Ciamis, dengan seringnya mereka mengadakan kegiatan sosial seperti pengajian dan juga sunatan massal.

“Replika bukan hanya mementingkan pribadi dalam usahanya, tapi peduli kepada masyarakat dilingkungan Kec. Baregbeg terutama Desa Sukamulya,” ujar Plt Camat Baregbeg Drs. Herman Suherman. (Yono Raymond)
 
Top