GuidePedia

Kepahiang, Global Post
Perumusan kebijakan perencanaan dalam pengelolaan irigasi dan pembangunan jaringan irigasi, merupakan salah satu kegiatan dari Dinas Pekerjaan Umum Kab. Kepahiang.
 
Pelaksanaan penyediaan dan pembagian air irigasi serta pelaksanaan pembangunan untuk Tahun Anggaran 2013 ini semakin berkembang. Pengelolaan irigasi yang baik dan berkelanjutan sangat ditentukan oleh keselarasan upaya pengembangan yang dilakukan di tingkat daerah seperti Kabupaten Kepahiang.

Keselarasan program pengembangan daerah akan memberikan kepastian bagi daftar kelola irigasi, termasuk di dalamnya lokasi, anggaran, dan target yang ingin dicapai.

Kepala Bidang Pengairan Kab. Kepahiang  Mardiansyah ST. MT menjelaskan bahwa tata kelola irigasi yang baik dan berkelanjutan bakal menjadi modal utama dalam program. Sebab, akan membantu para petani dalam SDA khususnya bagi masyarakat.

Itu sebabnya irigasi sangat penting untuk menjadi perhatian para pengambil keputusan karna terkait irigasi merupakan salah satu komponen pendukung keberhasilan pembangunan pertanian yang harus dilaksanakan berkelanjutan. 

Untuk mempertahankan predikat tersebut, maka harus ditunjang dengan insfrastruktur irigasi yang baik. Kegiatan pembangunan sarana infrastruktur irigasi di Kabupaten Kepahiang secara bertahap akan terus dilakukan, baik melalui pembangunan jaringan baru, perbaikan, maupun pemeliharaan. 

Dalam hal ini dilakukan agar fungsi dan kapasitas insfrastruktur irigasi yang ada di Kab. Kepahiang mampu meningkatkan produksi beras yaitu dengan memberikan pelayanan kepada pemanfaat air, khususnya para petani pemakai air yang mengandalkan pasokan air bagi lahan pertaniannya. 

Kepala Bidang Pengairan Kab. Kepahiang Mardiansyah ST. MT menjelaskan, irigasi sebagai faktor penunjang dalam pembangunan pertanian telah menunjukan peranannya yang penting dalam sejarah bagi masyarakat Kabupaten Kepahiang yang memiliki fasilitas irigasi yang teknik irigasi telah baik dan maju. Pada umumnya tingkat pembangunan pertaniannya telah maju, taraf hidup pertaniannya lebih sejahtera dan ekonomi lebih kuat. 

Usaha–usaha irigasi meliputi penyedian sarana dan prasarana untuk membagikan air berupa saluran pemberi dan untuk membuang air kelebihan berupa saluran drainase untuk itu  dalam pembuatan saluran pemberi harus didasarkan pada kebutuhan air maksimum untuk menghindari kekurangan air pada areal irigasi. 

Sedangkan pembuatan untuk saluran drainase didasarkan pada jumlah air yang harus dibuang dalam jangka waktu tertentu untuk menghindari kelebihan air pada areal irigasi. 

Dengan demikian usaha–usaha irigasi meliputi penyedian sarana dan prasarana untuk membagikan air berupa saluran pemberi dan untuk membuang air kelebihan berupa saluran drainase. 

Dalam pembuatan saluran pemberi harus didasarkan pada kebutuhan air maksimum untuk menghindari kekurangan air pada areal irigasi. Sedangkan pembuatan untuk saluran drainase didasarkan pada jumlah air yang harus dibuang dalam jangka waktu tertentu untuk menghindari kelebihan air pada areal irigasi. 

Untuk tahun 2013 ini di Kabupaten Kepahiang secara bertahap akan terus dilakukan, baik melalui pembangunan jaringan baru, perbaikan, maupun pemeliharaan akan selaras dengan perkembangan. (Seril)
 
Top