GuidePedia

Rejang Lebong, Global Post 
Program P2BN merupakan program yang diaplikasikan oleh pemerintahan pusat untuk terus mengembangkan dan memberikan hasil panen swasembada beras yang optimal demi tercukupinya kebutuhan target yang dicapai. 


Melalui program optimasi dan cetak sawah hampir seluruh daerah di wilayah Indonesia mendapat kucuran dana mencapai miliaran rupiah di setiap daerah. Dalam hal ini, Kabupaten Rejang Lebong menjadi sasaran yang empuk dan sesuai dengan keadaan penduduk, serta masyarakatanya banyak yang bercocok tanam padi. Tahun ini anggaran yang dikucurkan senilai 3 miliar disalurkan ke kecamatan-kecamatan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.


Untuk itulah Dinas Pertanian Kabupaten Rejang Lebong bekerjasama dengan kelompok tani yang andal di bidangnya, untuk mengejar target yang ingin dicapai dalam swasembada beras.

Salah satu contoh, lahan seluas 20 hektar di Kelurahan Karang Anyar, Kecamatan Curup Timur sudah mendapatkan bantuan optimasi lahan untuk meningkatkan produksi  dan pendapatan petani yang dikerjakan oleh kelompk tani makmur diketuai oleh H. Rojali. 


Menurutnya, bantuan ini sangat berguna bagi masyarakat karena segalanya ditanggung oleh pemerintah dalam mencapai target beras. “Kami berusaha semaksimal mungkin memberikan panen yang terbaik,” katanya. 


Dengan adanya optimasi bantuan dari pemerintah pusat yang dikucurkan melalui Dinas Pertanian Rejang Lebong dan melewati rekening para kelompk tani, maka program bisa berhasil. “Jadi, dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk menunjang beras," tutur Mulyadi, seorang mantri tani.  (Ireh)
 
Top