GuidePedia

Kepahiang,  Global Post
Kurang lebih dari 293 anggota pegawai Pemerintah Kabupaten Kepahiang melakukan sumpah Pegawai Negeri Sipil (PNS), Selasa (25 Juni 2013), di Kantor BKD Kab. Kepahiang.
 
Sumpah tersebut dibacakan langsung Kepala Daerah Kab. Kepahiang Drs. H. Bando Amin C Kader MM. Dalam sumpah disebutkan, para PNS menjalankan tugas sebagai  ikrar kesetiaan, komitmen, kesiapan dan kesanggupan atas nama Tuhan, bahwa jabatan yang dipangku akan dilaksanakan secara sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab. 

Dengan demikian, diharapkan potensi penyimpangan dan penyelewengan jabatan dapat dikontrol, bahkan ditekan dari dalam karena ikatan sumpah yang  diucapkannya. Pegawai Negeri Sipil adalah salah satu sebagai unsur aparatur negara dan abdi masyarakat yang berkemampuan secara prifesional dan penuh rasa tanggung jawab dalam melaksanakan tugas serta bersih dari tindakan korupsi, kolusi dan nepoteisme.

Dengan adanya sumpah jabatan sesungguhnya seorang pegawai negeri sipil telah diikat oleh apa yang diucapkannya. Bukan saja karena sumpah tersebut didengar dan disaksikan oleh khalayak ramai, akan tetapi yang lebih dituntut adalah komitmen yang bersangkutan untuk melaksanakan isi sumpah dan segala konsekwensi yang mengiringinya. 

Sumpah jabatan itu benar-benar mengikat hati nurani pejabat, sehingga tidak ada keberanian sedikitpun ataupun hanya sekedar niat untuk melanggarnya. (Seril)
 
Top