GuidePedia

OKI, Global Post 
Meski sudah sekian lama menanti, akhirnya harapan masyarakat Kecamatan Air Sugihan untuk menikmati aliran listrik kini terwujud. Sejak puluhan tahun lalu mulai dibukanya lahan transmigrasi di wilayah Air Sugihan, PLN hanya menjadi impian belaka bagi masyarakat, mengingat wilayah Air Sugihan yang berada di perairan dan sulit ditempuh. Namun kini harapan masyarakat bukan sebatas angan-angan, karena Bupati OKI H. Ishak Mekki telah melakukan pemancangan perdana tiang instalasi jaringan perusahaan listrik negara (PLN) untuk 18 desa di Kecamatan Air Sugihan. 

“Terimakasih Pak Ishak Mekki, ini hari yang bersejarah bagi kami warga Air Sugihan, sejak orang tua dan pendahulu kami disini merasakan PLN rasanya impian belaka. Hari ini semuanya terwujud. Kami merasa sejak kepemimpinan Bapak Warga Air Sugihan terus diperhatikan sehingga kami tidak merasa terbelakang dan tertinggal dengan kecamatan lain,” ungkap Imam Taufik ketika menyampaikan sambutan mewakili masyrakat Sugihan pada acara pemancangan perdana tiang pembangunan intalasi jaringan listrik di Kecamatan Air Sugihan.

Kendala utama penginstalasian jaringan listrik di wilayah perairan adalah masalah geografis serta jarak tempuh yang jauh, sehingga  biaya yang dibutuhkan untuk instalasi jaringan listrik sangat besar. Namun demikian Pemerintah Kabupaten OKI terus berupaya memberi pelayanan kepada masyarakat Air Sugihan.
“Alhamdulilah tahun 2013 ini pemerintah dapat mewujudkan jaringan listrik bagi warga Air Sugihan. 

Pembangunan jaringan instalasi listrik pada 15 desa di Kecamatan Air Sugihan ini dibiayai melalui dana APBD Pemkab. OKI tahun 2013 dan 3 Desa lainnya  dibantu melalui program Listrik Desa (Lisdes) dari dana  APBN,” demikian dijelaskan Ir. H. Djustaf Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten OKI.
Dikatakan Djustaf untuk desa yang sulit untuk  mendapatkan instalasi jaringan listrik seperti Desa Sungai Batang, Pemkab. OKI menggantinya dengan perangkat Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) “Bapak Bupati ingin Air Sugihan ini terang benderang, bagi desa yang sulit untuk diinstalasi listrik pemerintah memberikan bantuan PLTS seperti Desa Sungai Batang yang menerima sebanyak 60 unit pada hari ini,” tambah Djustaf.

“Dalam tahun 2013 ini juga InsyaAllah listrik akan menyala di Air Sugihan” tambahnya.
Sementara itu H. Ishak Mekki mengatakan memberikan perhatian khusus kepada Kecamatan Air Sugihan sudah menjadi komitmennya sejak menjabat Bupati OKI mengingat wilayah Air Sugihan adalah yang paling jauh. 

“Ini komitmen saya untuk menyejahterakan masyrakat Air Sugihan. Saya tidak ingin ada satu desa apalagi satu kecamatan yang terisolir di Kabupaten OKI ini karenanya pembangunan infrastruktur terus diupayakan ruas jalan Riding-Air Sugihan, Jembatan penghubung Air Sugihan Banyuasin dengan Air Sugihan OKI, dan hari ini Alhamdulillah kita bersama-sama akan melakukan pemancangan perdana pembangunan jaringan listrik di Kecamatan Air Sugihan,” kata Ishak.

Dikatakan Ishak percepatan pembangunan di kawasan pantai timur OKI terus dilakukan agar tidak ada ketimpangan pembangunan antar wilayah. “Kedepan instalasi air bersih sudah kita programkan untuk masyarakat Air Sugihan agar masyarakat tidak susah lagi mendapat air bersih. Kita akan bangun instalasi air bersih dengan mengambil air tawar di Sungai Jeruju dan pipa-pipanya mengalir di sepanjang Air Sugihan. Jembatan penghubung antara Air Sugihan OKI dengan Air Sugihan Banyuasin juga diprogramkan agar transportasi ke kota Palembang semakin dekat,” Pungkas Ishak. 

Selain itu kata Ishak pembangunan pabrik kertas OKI Pulp peletakan batu pertamanya juga akan dilakukan tahun 2013 ini “Saya yakin dengan masuknya aliran listrik, berdirinya pabrik kertas OKI Pulp masyakat Air Sugihan akan semakin baik taraf hidupnya, laju ekonomi semakin cepat, masyarakat lebih sejahtera,” kata Ishak. 

Setelah acara Ishak Mekki menandatangani prasasti peresmian pembangunan jaringan listrik kecamatan Air Sugihan dan melakukan pemancangan pertama tiang listrik. (Kusyanto)






 
Top