GuidePedia

Nunukan, Global Post
Terjadi banjir di Wilayah Kecamatan Sembakung, Kabupaten Nunukan-Kalimantan Utara (Kaltara) disebabkan Air Sungai Sembakung yang berhulu di Sungai Pengsiangan Serawak Malaysia, kembali meluap ke Sungai Sedali Kecamatan Sembakung. Beberapa desa yang berada di pinggiran sungai terendam banjir sejak empat hari terakhir.

Berdasarkan informasi dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lintas Katulistiwa, Joli Langkat, desa-desa yang masih terendam banjir hingga Jumat (7/6) yakni Desa Lubakan, Desa Tagul, Desa Tembelunu sampai Desa Atap, Kecamatan Sembakung.

Menurut Joli Langkat, ketinggian air sampai satu meter lebih menggenangi jalan-jalan utama atau setinggi lutut orang dewasa. ”Kantor desa maupun kantor kecamatan juga tergenang air, sehingga tidak dapat memberikan palayanan kepada masyarakat,” kata Joli Langkat.

Joli Langkat menambahkan, sudah menjadi agenda rutin Kecamatan Sembakung menerima banjir kiriman dari daerah hulu sungai jika sedang hujan dan bertemu dengan air laut yang pasang.

“Banjir di Sembakung dulu hanya satu kali dalam lima tahun, sekarang bisa sampai lima kali dalam satu tahun. Kondisi banjir di Kecamatan Semabakung belum surut, karena di bagian hulu hujan masih terus turun,” ujarnya. (RDM/GP)
 
Top