GuidePedia

Semarang, Global Post
Predikat WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) pertama kali diterima oleh Pemerintah Kota Semarang sejak 2004, atas laporan keuangannya tahun 2012. Keberhasilan ini membuat Pemkot Semarang merasa bangga.

Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) diberikan Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Jateng Bambang Adiputranto kepada Plt Wali Kota Hendrar Pribadi di Gedung BPK RI Perwakilan Jateng di Semarang.

Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Jateng Bambang menerangkan, keberhasilan itu berdasarkan sejumlah kriteria pemeriksaan laporan keuangan daerah. Predikat WTP diberikan kepada tiga Kota/Kabupaten, yaitu Kota Semarang, Kab. Kudus dan Kab. Boyolali. 

Sedangkan untuk predikat Wajar Dengan Pengecualian (WDP) diberikan kepada Kota Salatiga, Kota Tegal, Kab. Karangannyar, Kab. Grobogan, Kab. Wonosobo, Kab. Purbalingga, Kab. Tegal dan Kab. Kendal.

Menurut Bambang, predikat ini didasarkan pada kesesuaian pada standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian intern.

Plt Wali Kota Semarang Hendrar Pribadi seusai menerima predikat WTP, mengutarakan rasa terima kasih dan syukurnya kepada Tuhan atas predikat WTP yang diterima Kota Semrang. Terima kasih juga diucapkan kepada anggota BPK RI Perwakilan Jawa Tengah, koordinator pemeriksa dan pemeriksa yang telah membantu mewujudkan clean and good government bagi penyelenggaraan pemerintah daerah di Kabupaten/Kota di Jawa Tengah. (Yf/Rs)



 
Top