Global Post Terkini:
Home » » Kursus Mahir Tingkat Lanjutan Kwarda Sumsel

Kursus Mahir Tingkat Lanjutan Kwarda Sumsel

Editor By GLOBAL POST on Senin, 03 Juni 2013 | 03.39

Sumsel, Global Post
Kursus Mahir Tingkat Lanjutan Kwarda Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), yang dibuka oleh Prof DR Aflatun Mohtar, di Gedung Pramuka Sumatera Selatan (Sumsel), berlangsung tanggal 25 Mei 2013 sampai 31 Mei 2013.

Dalam sambutannya, Aflatun Mohtar mengatakan Kursus Mahir Lanjutan Gerakan Pramuka Tahun 2013 bertujuan untuk mendidik dan membina kaum muda Indonesia, agar menjadi manusia yang berkepribadian, juga berwatak dan berbudi luhur, beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Gerakan Pramuka berupaya memberikan layanan pendidikan bagi seluruh Anggota Pramuka dengan mengedepankan kecerdasan spiritual, intelektual, emosional dan jiwa sosial seperti yang terdapat dalam Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka,” ujarnya. 

Nilai-nilai itu, lanjut Aflatun Mohtar, sangat dibutuhkan oleh generasi masa depan. Apalagi, dalam tiga dasa warsa terakhir terjadi kemajuan di segala bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, termasuk di dalamnya kehidupan kaum muda.

”Misi yang akan dilakukan adalah mengembangkan, membina serta memfasilitasi pembentukan sumber daya manusia yang kreatif, produktif, inovatif dan peduli, melalui semua jalur jenjang pendidikan, baik formal maupun informal termasuk didalamnya adalah pembinaan kepramukaan,” ujarnya.

Ditegaskan, Pemerintah Provinsi Sumsel memandang perlu menempatkan Gerakan Pramuka sebagai instrumen peningkatan kualitas SDM menjadi solusi dalam mengatasi permasalahan kaum muda yang dipelopori oleh Lord Robert Boden Powell.

 ”Gerakan Pramuka terbukti mempunyai peranan yang besar dalam membentuk watak kepribadian akhlak mulia serta meningkatkan ketrampilan hidup kaum muda,” ujar Aflatun Mohtar.

Dampak untuk jangka pendeknya, dapat mencegah berbagai masalah dalam kehidupan kaum muda saat ini. Sedangkan jangka panjangnya, membentuk watak kepribadian akhlak mulia, sehingga kaum muda siap menjadi pemimpin bangsa. 

Menurut Aflatun Mohtar, pembinaan dan pengembangan dapat memberikan dasar pengalaman melalui kegiatan pramuka pada Perindukan Siaga Pasukan Penggalang Amdalan Penegak Racana Pandega. 

”Jadi,  mutlak diperlukan kegiatan Kursus Mahir Lanjutan penting untuk penambahan bekal ilmu pengetahuan wawasan ketrampilan bagi calon-calon Pembina Pramuka. Kursus ini juga bertujuan untuk memberi bekal kepada peserta didik tentang sasaran prinsip dalam pramuka,” ujarnya.

Namun, kata Aflatun Mohtar, bekal itu belum cukup untuk menjadi pembina yang andal serta profesional. ”Karena itu, saya meminta peserta memanfaatkan kegiatan Gerakan Pramuka Sumsel Tahun 2013 ini dengan baik,” ujarnya.

Pembukaaan Kursus Mahir Tingkat Lanjutan Kwarda Propinsi Sumsel itu, yang didahului dengan peringantan Isra’ Mi’raj itu dihadiri Waka Kwarda Sumsel, Rusli Nawi. 

Sedangkan penceramah dihadirkan Hj. Ida Zen Sukri, yang mengajak para peserta dan hadiri untuk menegakkan sholat, menjauhi larangan Allah, menyayangi anak yatim piatu, mengeluarkan zakat, puasa, dan sholat malam. (M Angkut)
Bagikan Artikel Ini Ke :

Leony LiSku Global Post
Surat Kabar Umum, menyajikan berita secara Tegas, Jelas dan Akurat,berimbang sesuai undang undang Pers no 40 tahun 1999 dan kode etik jurnalistik.
Ikuti : | +Google | Facebook | Twitter

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Berita Global Post Lainnya:
Breaking News close button
Back to top

Bagaimana Pendapat Anda?
 
Copyright © 2009. Sku Global Post - Surat Kabar Umum | Tegas Jelas Akurat Redaksi | Menerima Artikel | Tulisan Kirim Via Email