GuidePedia

Jakarta, Global Post
Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN RI), Hendarman Soepandji, melantik 21 pejabat setingkat Eselon II, di Aula Lantai VII Gedung BPN RI, Jumat (8/02) lalu. Salah satu pejabat yang dilantik adalah Drs Syafriman SH M.Humsebagai Kepala Wilayah (Kakanwil) BPN Provinsi Banten.
             
Dalam sambutannya Hendarman Soepandji mengatakan bahwa mutasi, pergantian atau promosi kali ini merupakan dalam rangka rotasi jabatan biasa dan lebih kepada penyegaran di lingkungan BPN RI.
Kakanwil BPN Provinsi Banten  
           
Dalam pelantikan itu, Drs Syafriman SH M.Hum, yang kinerjanya sukses di berbagai daerah, di antaranya Jambi (kepala kantor), dan Kota Depok (kepala kantor),  kini menjadi Kepala Wilayah (Kakanwil) BPN Provinsi Banten menggantikan Djamaludin SH M.Hum.
             
Dalam kiprahnya sebagai Kakanwil BPN Provinsi Banten, Syafriman kepada Global Post di ruang kerjanya, mengatakan bahwa Reforma Agraria tetap dijadikan sebagai momentum utama di wilayah kerjanya.

“Kepala BPN RI Bapak Hendarman Soepandji berpesan agar para pejabat yang baru dilantik bekerja dengan sebaik-baiknya dan bekerja sesuai arahan Presiden Bapak Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY), untuk melaksanakan Reforma Agraria sebagai momentum pelaksanaan dalam pembenahan pertanahan di Indonesia,” ujar Syafriman, penuh semangat.
             
Terkait Reforma Agraria itu, pada waktu Syafriman menjabat sebagai  Kepala Kantor Pertanahan Kota Depok, menggambarkan kepada Global Post bahwa tanah merupakan kapital asset,  bukan lagi sosial aset. Artinya, istilah tersebut disesuaikan kondisi  pertumbuhan ekonomi yang maju pesat di wilayah kerjanya saat itu di Kota Depok, dimana harga bidang tanah sudah melambung tinggi berkisar Rp. 5 juta sampai dengan Rp. 9 juta/m2.
           
 “Tanah sebagai kapital asset bagi pemiliknya, kalo asset tanah yang dimiliki dikelola dengan secara baik. Sebab, hal itu dapat mendorong pertunbuhan perekonomian. Apa lagi, seperti kondisi sekarang ada persaingan ekonomi global, dan munculnya hubungan perdagangan bebas dari manca negara yang masuk di Indonesia,” katanya.

             
 Karena itu, kata Syafriman menjelaskan, legalisasi asset tanah akan memberikan jaminan hukum dan jaminan rasa aman atas penguasaan dan pemilikan tanah bagi masyarakat (sertifikasi tanah). “Legalisasi tanah (sertifikasi tanah) juga berkontribusi besar pada perkembangan dan pertumbuhan ekonomi di Kota Depok pada waktu itu,” ujarnya.
             
Syafirman pun menghimbau bagi masyarakat pemilik asset tanah yang belum mendaftar agar segera mendaftarkan asset tanah miliknya. “Baik melalui Layanan Rakyat Sertifikasi Tanah (Larasita) maupun di loket pendaftaran pada Kantor Pertanahan Kota atau Kabupaten,” ujar Syafriman, yang telah sukses menyelesaikan konflik pertanahan di Mesuji, Lampung, belum lama ini.
          
Tanah menjadi kapital asset akan diterapkan Syafriman  selaku Kakanwil BPN Provinsi Banten di wilayah kerjanya. “Dengan memanjatkan puji dan syukur kepada Alloh SWT semoga saya dapat melaksanakan tugas dengan baik di wilayah kerja ini. Di wilayah Banten akan saya jadikan program bahwa tanah sebagai kapital asset, bukan lagi sebagai sosial asset,” ujarnya lagi.
             
Intinya, kata Syafriman, dirinya sebagai Kakanwil BPN Provinsi Banten siap melaksanakan tugas dengan baik. Artinya, siap melaksanakan perogram-program BPN terkait program Reforma Agraria, dijadikan momentum peningkatan pelayanan di tubuh BPN terhadap masyarakat bahwa, tanah adalah untuk keadilan dan kesejahteraan rakyat, dan siap menyelesaikan konflik pertanahan di wilayah II dimulai pukul 14:00 - 15:00 WIB yang dipimpin langsung oleh Hendarman. Pejabat-pejabat yang dilantik sebanyak 8 orang menjadi Kepala Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) BPN, 5 Direktur, 3 Kepala Biro (Kabiro), 2 orang Inspektur Wilayah (Irwil), dan 3 orang terkait jabatan di bidang pendidikan, pengembangan, pelatihan dan penelitian.

Berikut nama-nama pejabat yang dilantik dalam jabatan Kakanwil. Dari wilayah Sumatera: Dr Ronsen Pasaribu SH MM dilantik sebagai Kakanwil BPN Provinsi Riau menggantikan Ir Razali Yahya, Ir HM Najib Taufik MM. menjadi Kakanwil BPN Provinsi Lampung menggantikan Drs Syafriman SH M.Hum,

          
Untuk Jawa dan sekitarnya: Drs Syafriman SH M.Hum diangkat sebagai Kakanwil BPN Provinsi Banten menggantikan Djamaluddin SH MHum. Sedangkan Djamaludin SH M.Hum dirotasi menjadi Kakanwil BPN Provinsi DKI Jakarta menggantikan Supratman R. SH. 

Selanjutnya, A Samad Soemarga SH MH diangkat menjadi Kakanwil BPN Provinsi Jawa Tengah menggantikan Ir Djoko Dwi Tjiptanto. Sedangkan Drs Heri Santoso menjadi Kakanwil BPN Provinsi Bali menggantikan Samad Soemarga SH MH.

Untuk Kalimantan: Made Ngurah Pariatna SH dilantik sebagai Kakanwil BPN Provinsi Kalimantan Timur menggantikan Ir Iwan Taruna Isa, MURP, dan Hasmi Hanafi SH MM menggantikan Gusmin Tuarita SH MH sebagai Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Nusa Tenggara Barat.
          
Untuk Jabatan Kabiro: Sunrizal SE MM, Kepala Biro Keuangan & Pelaksanaan Anggaran Ir Arif Pasha MM., Kepala Biro Tata Usaha Pimpinan & Protokol Ir Putu Suweken MURP, Kepala Biro Organisasi & Kepegawaian.

Sedangkan Jabatan Direktur: Ir Djoko Dwi Tjiptanto, Direktur Pemetaan Dasar, Drs Moh Setiaboedi MM, Direktur Landreform, Ir Razali Yahya, Direktur WP3WT,  Ir M Amin Said SH MM, Direktur Pengendalian Penerapan Kebijakan & Program, R Supratman SH, Direktur Konflik Pertanahan.

Sementara untuk jabatan Inspektur: Nini Marianti SH M.Hum, Inspektur Wilayah IV Sri Maharani Dwi Putri Riau M SH, Inspektur Wilayah V. Jabatan Lainnya: Drs Jusfin Ketaren MM, Kepala Pusat Pendidikan & Pelatihan Ir Iwan Taruna Isa MURP: Kepala Pusat Penelitian & Pengembangan Dr. Oloan Sitorus SH MS: Ketua STPN. (C. Herry. SL
 
Top