GuidePedia


Ciamis, Global Post - Nama H Wawan Herdiwan adalah nama yang sudah tidak asing lagi bagi warga AMS di Tatar Galuh Ciamis, Jawa Barat. Meskipun sudah tidak memimpin secara formal di organisasi kepemudaan itu, tapi dia tetap masih tetap dihormati oleh para anggota AMS. “Meskipun Pak Haji (H Wawan Herdiwan-red) secara formal tak lagi menjadi ketua distrik, tapi anak-anak tetap segan dan hormat sama dia. Itu mungkin sudah pembawaan seseorang yang jadi ketua distrik,” ujar Yadi (35).
Sementara Jekc mengaku bahwa kepemimpinan H Wawan Herdiwan sangat menyentuh pribadi yang paling dalam. Bukan hanya sekedar pendekatan kekuasaan, tapi mengtamakan pendekatan kekeluargaan. “Sangat terasa wejangan-wejangan sesepuh dulu dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya, seperti bernostalgia, “silih asah, silih asih dan silih asuh dan silih wawangi itu sangat terasa dalam kehidupan sehari-hari.”
             
Kepemimpinan H Wawan Herdiwan juga diakui masyarakat yang bukan anggota AMS. “Da Pak Wawan mah kepada siapapun selalu menyapa,” kenang beberapa warga dari peloksok daerah selatan dan utara Ciamis.

H Wawan Herdiwan sendiri sampai saat ini tetap mengajak warga AMS untuk menjadi pelopor dalam pembangunan yang digalakan pemerintah. “Warga AMS jangan menjadi penonton dalam pembangunan ini, tapi harus jadi pelaku pembangunan itu sendiri. Kalau jadi penonton ,nanti akan terlindas oleh kemajuan itu sendiri,” pungkasnya. (Asep B)
 
Top