GuidePedia


Kolaka, Global Post 
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka, Provinsi Sultra, patut bersyukur. Pasalnya,  pihak pemerintah pusat telah memberikan dukungan berupa bantuan APBN sebesar Rp.6 Miliar untuk penerangan Bandara Sangia Nibandera, di Kecamatan Tanggetada.    Pemerintah pusat memberikan dukungan, karena Pemkab Kolaka dinilai mempunyai komitmen untuk membangun bandara, tanpa ada bantuan dana dari pemerintah pusat sepersenpun.
Dana sebesar Rp.6 miliar  itu digunakan, antara lain untuk lampu pendaratan, runway  dan tower, termasuk lampu Ifron. Sementara  khusus untuk menara kendali penerbangan, sampai saat ini masih masuk dalam anggaran Pemkab Kolaka, melalui Dinas Perhubungan.

Dengan adanya bantuan tersebut, Sekda Kolaka A Syafei mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat. “Ya, mungkin pemerintah pusat melihat keseriusan dan komitmen Pemkab Kolaka dalam membangun bandara sendiri, dengan cara swadaya bersama dengan masyarakat pengusaha. Di Indonesia ini, baru Kolaka yang melakukan pembangunan bandara dengan dana swadaya,” ujarnya.

Dia menambahkan, pihak PT. Antam Tbk juga bersedia bekerja sama dengan Pemkab Kolaka untuk dapat membangun terminal utama Bandara Sangia Nibandera. “Ini sebentar lagi. Tidak menutup kemungkinan, rute penerbangan pesawat di Bandara Sangia Nibandera-Tanggetada menjadi tiga kali sehari , sampai dengan malam,” katanya. (Aj/Kyl)
 
Top