GuidePedia


 Bogor, Global Post
Jumling (Jumat Keliling) merupakan program Pemerintah Kabupaten Bogor yang dilakukan setiap selesai sholat Jumat untuk menyampaikan informasi sekaligus menerima masukan yang disampaikan warga Bogor.
Jumling yang terdiri dari 6 tim dibagi menjadi 6 dapil. Setiap diadakan jumling, Pemerintah Kabupaten Bogor memberikan bantuan langsung kepada panitia atau DKM masjid yang sudah terbentuk, dengan jumlah bervariasi. Ada yang Rp. 23 juta, ada juga yang Rp. 30 juta. Tapi di desa Cibadung mendapatkan Rp.25 juta. Bantuan ini adalah khusus untuk sarana keagamaan, seperti membangun mesjid, mushola dan majelis ta’lim dan dana tersebut  tidak boleh dipergunakan untuk yang lain.
            Jumling yang dilaksanakan di Cibadung, Kecamatan Gunung Sindur, tepatnya di Masjid Al-Taqwa, dipimpin Wakil Bupati Bogor H. Karyawan Fathuracman SH MH, dihadiri beberapa tamu seperti Muspika, Camat, Danramil, Kapolsek, Kepala desa Se-Gunung Sindur, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Ketua DKM, dan masyarakat Cibadung.

            Jumling yang diadakan di Cibadung ini, sangat terasa manfaatnya bagi warga, walaupun berlangsung singkat, karena ada tanya jawab antara pemerintah daerah dengan masyarakat, dan ada juga dari pihak Binamarga menyampaikan tentang pembangunan jalan dan memberikan keterangan mengenai masalah Pasar Prumpung yang selalu dilanda kemacetan.

Mengenai masalah macet itu, pihak Binamarga mengatakan, “Mudah-mudahan ke depan dapat diperbaiki. Ini adalah salah satu progam pemda Bogor.” 

Pemerintah juga  tidak pernah tutup mata dalam masalah sarana dan prasarana pendidikan, pertanian, perikanan, dan peternakan maupun keamanan. (Ams/Sofyan)
 
Top