GuidePedia


Sukabumi, Global Post 
Rumah Sakit Pelita Rakyat Kota Sukabumi, (22/12) menggelar Pengobatan Gratis Pap Smear. Pengobatan gratis ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Ibu sekaligus mengupayakan penurunan angka kematian Ibu, serta Sosialisasi Perlindungan Hak-Hak Reproduksi. Puluhan Ibu-ibu terlihat mengikuti pengobatan yang diberikan secara cuma-cuma untuk mencegah Kanker Serviks oleh Rumah Sakit Pelita Rakyat, Rumah Sakit Tanpa Kelas, yang digagas dan didirikan Ibu Hj. Megawati Soekarno Putri dan Ibu dr. Ribka Tjiptaning, yang beralamat di Jalan  Pelabuhan II Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi.
Menurut Direktur Rumah Sakit Pelita Rakyat, dr. Riyo Kristian Utomo, Pap Smear yaitu suatu tindakan yang dilakukan dengan mengambil ucapan mulut rahim atau pemeriksaan kanker serviks, yang merupakan penyakit penyebab angka kematian di dunia dengan nomor urut tiga.

Ditambahkannya, keuntungan Pap Smear itu sendiri adalah untuk mendeteksi dini penyakit di radang mulut rahim seperti parasit, bakteri, dan jamur; serviks adalah penyakit yang paling dihindari perempuan, namun kadang masih minim pengetahuan, sehingga rawan.

Pengecekan kesehatan yang dilakukan dengan cara menggunakan kaca yang ditempelkan ke mulut rahim, kemudian cairan tersebut diproses laboratorium dan hasilnya terlihat sekitar seminggu. (Haddy/DE)
 
Top