GuidePedia


Medan, Global Post 
Bangunan tanpa izin (IMB) bagaikan jamur tumbuh di hari hujan, seperti yang berdiri megah di kawasan Kelurahan Bantan, Kecamatan Medan Tembung. Aapakah Camat, Lurah dan Kepling melihat bangunan tanpa IMB itu? Hasil pantauan Global Post di lapangan banyak bangunan tanpa izin di Kota Medan, tetapi Kadis Tata Ruang dan Tata Bangunan (TRTB) Medan, Sampurno, tidak punya nyali membongkar bangunan-bangunan liar tersebut. Seperti bangunan 5 (lima) unit ruko di Jl. Tirtosari Gg. Silaturahim yang hampir rampung, sampai saat ini tidak memasang plank IMB. Tetapi pembangunan terus berjalan mulus. Diduga ada oknum yang mem-back up sehingga bangunan berdiri tanpa izin.
Jelas ini merugikan pemerintah dan menguntungkan oknum pribadi tertentu. Ironisnya, setiap masyarakat mengurus surat-surat di kantor camat dan lurah selalu diminta bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), tetapi bangunan tanpa izin tidak pernah ditegur atau dilaporkan ke TRTB. 

Diduga Camat, Lurah, Kepling dan TRTB kerjasama untuk memuluskan berdirinya bangunan-bangunan tanpa izin. DPRD Kota Medan yang khusus membidangi tata ruang dan tata bangunan (TRTB) dihimbau untuk mengawssi oknum yang mem-back up berdirinya bangunan tanpa izin itu. (Fahmi/Jos)
 
Top