GuidePedia


Lamteng, Global Post
Bertempat di Sesat Agung Nuwo Balak, 15 November 2011, dilaksanakan syukuran 1 tahun kepemimpinan A.Pairin, S.Sos dan Ir Mustafa, MH melaksanakan tugas sebagai Bupati dan Wakil Bupati Lampung Tengah. Pada kesempatan itu Bupati Lampung Tengah mengucapkan terima kasih kepada segenap jajaran Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah dan seluruh komponen masyarakat Lampung Tengah yang telah memberi dukungan sehingga pembangunan di Kabupaten Lampung Tengah selama 1 tahun ini dapat berjalan baik.

A Pairin S.Sos mengatakan, berbagai kebijakan dan program pembangunan telah dinikmati, antara lain  pembangunan infrastruktur, diantaranya bidang prasarana jalan: Pembangunan Jalan Onderlaag sepanjang 21,97  Km; Peningkatan Jalan sepanjang 159,96 Km, Pemeliharaan Jalan sepanjang 72,80 Km; Pembangunan Jembatan sebanyak 11 unit; Pembangunan Talud sepanjang 485.92 M, Gorong-Gorong 11 buah, Rehabilitasi/ Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Irigasi.

Sedangakan di bidang perumahan dan permukiman, yaitu Pengembangan Sarana dan Prasarana Rumah Sederhana Sehat berupa stimulan untuk lantanisasi bagi 205 unit rumah, Pembuatan Sumur bagi 45 unit rumah, Pembuatan Jamban Keluarga Bagi 160 unit rumah, Pembuatan SPAL Bagi 45 Unit Rumah dan Pembuatan Gorong-Gorong untuk 30 unit rumah.

Ada juga Pembangunan Sanitasi Lingkungan Berbasis Masyarakat (SLBM) berupa Pembangunan MCK Plus Plus, yaitu Pembangunan Komplek MCK sebanyak 3 unit, masing-masing terdiri dari 10 pintu kamar mandi/ WC, septictank, sumur bor dan jaringannya, Hidran Umum dan Tower, Rumah Jaga, Rumah Genset, dan Ruang Terbuka Hijau, sehingga diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan secara optimal.

Kemudian Pembangunan Saluran Drainase sepanjang 3.300 M, yang Tersebar Pada 29 kampung/ lokasi; Pembangunan Jalan Lingkungan sepanjang 19.750 M² yang tersebar 13 lokasi, yang diharapkan dapat memperbaiki kondisi lingkungan perumahan dan permukiman disamping untuk memperlancar transportasi.

Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah juga menjalankan program pembangunan perekonomian berbasis agribisnis yang berorientasi ekonomi kerakyatan, yang bertumpu pada sektor pertanian. Pembangunan dan pengembangan pertanian dilakukan dengan pendekatan pola agribisnis, sehingga tidak hanya terbatas pada meningkatkan produksi hasil pertanian, melainkan bagaimana upaya untuk peningkatan nilai tambah dari produk hasil pertanian.

Secara umum hasil pembangunan di Subsektor Pertanian Tanaman Pangan dapat dilihat dari jumah produksi beberapa komoditas, diantaranya produksi padi mencapai 696.870 ton, jagung mencapai 429.154 ton, ubi kayu mencapai 2.314.438 ron dan kedelai mencapai 1.966 ton. Selain itu dapat dilihat pula dari volume ekspor yang mencapai 1.142.167,25 ton dengan nilai investasi mencapai US$ 735,412,788.59.

“Saya berharap agar segenap jajaran pemerintah Kabupaten Lampung Tengah dan seluruh komponen masyarakat untuk terus meningkatkan kinerja dan peran kita untuk mensukseskan berbagai program pembangunan yang akan membawa masyarakat Kabupaten Lampung Tengah menjadi masyarakat yang sejahtera,” pungkas A Pairin S.Sos. (Hms)
 
Top