GuidePedia



Sumut, Global Post 
Masyaakat Dusun VII gang Bunga Kopi Jl. Gambir Pasar VIII Desa Tembung Kec. Percut Sei Tuan mengeluhkan berdirinya pabrik timah pengolahan aluminium batangan yang membuat warga gang bunga kopi merasa sesak bernafas akibat asap yang ditimbulkan akibat pembakaran aluminium pabrik timah PD. Murni bahkan limbahnya telah mencemari sumur-sumur waga disekita lokasi pabrik. Hasil pantauan tim Global Post disekitar lokasi pabrik tersebut memproduksi pembuatan Paping Blok menurut hasil investigasi aktifis aliansi LSM-BIM Sumut, LSM TOPPAN RI, bahwa pabrik timah PD. Murni izinnya diragukan terlebih izin amdal tentang limbah aluminium yang sangat meresahkan masyarakat disekitar pabrik tersebut yang telah tinggal bertahun-tahun dan merasakan sesak nafas, apabila sedang proses pembakaan aluminium.
Hal ini dapat merusak ekosistem atau pencemaran lingkungan , terlebih salah seorang karyawan pabrik tersebut yang tidak mau disebut namanya telah mengalami muntah darah, namun tidak ada perhatian dari pemilik pabrik PD. Murni (Lau Ho).
             
Pabrik timah PD. Murni memiliki karyawan ±50 orang dan tidak ada yang terdaftar di Disnaker Deli Serdang, Asuransi Kesehatan (Askes) dan Jamsostek, menurut hasil investigasi aktifis tokoh aliansi LSM BIM, TOPPAN RI dan Pedang Keadilan.

Ke tiga LSM ini mengatakan kepada Kepala Disnaker Deli Serdang agar memperhatikan dan menindak tegas pengusaha pabrik timah tersebut. yang tidak mengikuti prosedur yang berlaku sesuai Undang-Undang No. 7 Tahun 1981, tentang Ketenagakerjaan Usuran Wajib Lapor ke Dinas Tenaga Kerja , dan UU No. 13 Tahun 2003 Pasal 86, tentang keselamatan kerja para pekerja (buruh) mempunyai hak untuk memperoleh perlindungan atas keselamatn kerja dan kesehatan . Demikian hasil wawancara wartawan Global Post Sumut kepada ke tiga tokoh aliansi LSM tersebut. (UR-FH-WS)
 
Top