GuidePedia


Subang, Global Post 
Nahdatul Ulama (NU) Subang  akan menurunkan sedikitnya 3000 massa dalam menyambut peserta kirab nasional Resolusi Jihad yang akan dilakukan oleh Pengurus Besar (PB) NU, yang melakukan perjalanan dari Surabaya menuju ke Jakarta, dan singgah Kabupaten Subang. “NU Subang akan ikut andil dalam kirab Nasional ini,” ujar Ketua  Syuriah PC NU KH Umar Mutaqim, didampingi Koordinator Kirab Resolusi Jihad daerah Kabupaten Subang Bambang Herlambang, pada acara konfrensi pers di kantor PC NU Kab Subang Rabu (16/11). Kegiatan tersebut dilakukan untuk mengenang gerakan NU yang adalah dilakukan oleh Rais Akbar NU KH Hasyim Asy’ari pada 22 oktober 1945 lalu. Kemudian terjadi peristiwa 10 Nopember 1945 yang hingga kini ditetapkan dan selalu diperingati setiap tahun sebagai Hari Pahlawan.

Musa yang juga mantan Kepala Kantor Departemen Agama Kab Subang menjelaskan, kegiatan Kirab Resolusi Jihad dilaksanakan untuk mengenang dan memberi  wacana kepada generasi muda akan jasa dan peran tokoh Agama RI atau NU. Dia tidak menampik bahwa kirab nasional ini bertujuan untuk memperjuangkan agar diberikann gelar pahlawan kepada mantan Presiden RI ke-4,  yang juga mantan Ketua Umum PBNU sekaligus Pendiri Partai Kebangkitan Bangsa, yaitu Alm KH Abdurrahman Wahid.
Pengurus PC NU Kab Subang siap mendukung pelaksanaan kirab nasional ini, karena tujuannnya untuk menggairahkan kembali nilai nilai kepahlawanan dan mengingatkan kembali kepada generasi muda dan masyarakat luas betapa besarnya jasa para pahlawan bangsa dalam memperjuangkan kemerdekaan NKRI.
NU berpendapat bahwa NKRI sudah final dan harga mati dan tidak bisa diganggu gugat lagi.  “Selain itu, yang harus kami perjuangkan saat ini adalah mendesak Pemerintahan SBY untuk memberi gelar pahlawan kepada Gusdur, karena sampai sekarang beliau belum masuk sebagai pahlawan nasional. Itu harus kita perjuangkan,” tegas Musa.

Kirab Resolusi Jihad itu sendiri menurut Bambang Herlambang akan diselenggarakan pada 20-25 Nopember 2011 mendatang, dimulai dari Surabaya—Jawa Timur melewati beberapa Kabupaten/Kota di Jawa Tengah dan Jawa Barat. Di Jawa Barat sendiri, peserta kirab direncanakan masuk di Kabupaten Cirebon pada 23 Nopember mendatang, terus berlanjut masuk daerah Kabupaten Indramayu dan bermalam satu hari. 
“Di Kabupaten Subang sendiri kirab akan digelar pada 24 Nopember mendatang dan dipusatkan di SMK Darul Ma’arif Kecamatan Pamanukan,” ujar Bambang.

Lebih lanjut Sekretaris DPC PKB Kab Subang itu mengatakan, kegiatan di Subang akan dihadiri dua Menteri asal Partai PKB, yakni Muhaimin Iskandar dan Helmy Faishal Zaini, serta Ketua PBNU KH Sa’id Aqil Siraj. “Kami menurunkan  pendukung kegiatan ini sekitar 3000 massa dari keluarga besar NU, para jamaah pengajian, Banom NU, Majlis Ta’lim. Demi keamanan, kami akan melibatkan anggota TNI dan Polri,” ujar ‘Bambang.

Titik keberangkatan  rombongan Subang akan dipusatkan di Kantor PC NU Subang pada 24 Nopember mendatang, pukul. 08.00. “Setelahnya kita akan konvoi tertib keliling Subang dengan rute melewati Taman Makam Pahlawan, melakukan doa bersama. Kemudian dilanjuutkan kea rah Pamanukan sambil ber orasi disejumlah titik strategis.” 

Rombongan  terdiri dari 200 pengendara motor, 9 unit pengendara Jep dan beberapa mobil bak terbuka. akan menuju lokasi acara di SMK Darul Ma’arif Pamanukan.

Menurut Bambang, pihaknya juga akan melakukan kegiatan bhakti sosial, dengan memberikan santunan bagi 5 ribu orang, dan mengelar kesenian daerah. Sebelum masuk di SML Darul Maarif,  kedua menteri dari Partai PKB yang hadir akan menaiki sisingaan sebagaimana trend budaya Subang, lalu disambut dengan lengser yang menggambarkan peran para ulama  dalam mengobarkan resolusi jihad.

Setelah itu akan dilakukan penyerahan kirab dari Indramayu ke Subang. Dilanjutkan orasi oleh para kyai. Seterusnya akan dilakukan serah terima bendera NU masing masing sebanyak 45 helai yang dibawakan oleh 45 orang pasukan Garda Bangsa dan 45 orang pasukan Banser NU.

“Kita prediksi massa yang hadir di sana  sekitar 3 ribuan yang langsung kita koordinir. Rombongan dari Subang akan mengawal peserta Kirab Nasional sampai perbatasan Subang – Karawang, yakni daerah Jatisari. Di daerah itu peserta Kirab akan dijemput oleh rombongan dari Karawang, menandakan tugas kita selesai,” ujar Bambang yang didampingi para pengurus PC NU dan Pengurus DPC PKB  Kab Subang, antara lain Dadus Sunaryo.  (Herpan)
 
Top