GuidePedia


Pandeglang, Global Post 
Manfaat Program Nasional Pemerdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM - MP) Tahun 2009, sampai ini masih dirasakan masyarakat Desa Pareang,  Kecamatan Mekar Jaya, Kabupaten Pandeglang – Banten. Apalagi unsulan masyarakat tahun 2011 ini, untuk pembangunan jembatan gelagar besi sepanjang 10 m dan lebar 4 m di Kampung Sukamandi RT 03-01, Desa Pareang, sudah terealisasi. “Alhamdulillah sudah teralisasi. Tadinya masyarakat desa tersolir karena masalah jembatan penyeberangan jalan. Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada pemerintah pusat. Mudah-mudahan program ini berlanjut terus, tidak hanya sampai tahun 2014. Masih banyak infrastruktur di desa kami yang perlu dibangun dan tidak terkaper oleh APBD I maupun APBD II. Hanya dengan program PNPM masyarakat bisa banyak berharap,” ujar Uta Wijaya, Ktua TPK.

Menurut pengamatan Global Post, kualitas pelaksanaan pembangunan jembatan tersebut sangat baik, yakni sesuai dengan juklak-juknis.

PJOK Kecamatan Mekar Jaya, TB Cecep A Nasir mengatakan bahwa program PNPM di desa yanga ada di Kecamatan Mekar Jaya, juga mampu memberdayakan masyarakat. “Atusiasme masyarakat terhadap program PNPM itu sangat baik,” ujarnya. (Karnata)
 
Top