GuidePedia


Subang, Global Post 
Lokasi jatuhnya pesawat terbang Cessna 172 Skyhawk milik Sekolah Penerbangan Nusa Flying International telah dipastikan di Situ Lembang. Pencarian badan pesawat dilanjutkan. “Ya di Situ Lembang. Sekarang saya sedang on the way ke posko. Kami berharap cuaca bagus sehingga bisa mendekati lokasi,” kata Kepala Sekolah Nusa Flying International, Sugeng Triyono, Selasa (22/11). Menurut dia, pencarian pesawat tersebut selama in terkendala cuaca. Bahkan, tim darat yang diterjunkan juga kesulitan melakukan pencarian. “Sabtu, Minggu dan Senin kemarin cuaca buruk. Yang jalan kaki saja tidak kelihatan karena terhalang kabut,” imbuh Sugeng.
Dia berharap hari ini cuaca mendukung sehingga tidak ada hambatan untuk mencari pesawat tersebut. “Mudah-mudahan cuaca bagus, tidak seperti kemarin. Kami berharap yang terbaik,” kata Sugeng kepada Global Post.
             
Menurut dia, ada beberapa pesawat yang pernah jatuh di Situ Lembang. Setidaknya menurut catatan Sugeng pernah terjadi dua kali kecelakaan pesawat di sana.
            
 “Kalau gak salah pada 2002 juga pernah ada pesawat jatuh disana, “ucap Sugeng kepada Global Post.
             
Situ Lembang merupakan danau di dataran tinggi yang dikelilingi pegunungan. Di lokasi itu terdapat beberapa gunung seperti gunung Burangrang, Gunung Tangkuban Perahu dan Gunung Sunda.
            
 Sebelumnya, pesawat Cessna C 172 Skyhawk hilang kontak pada Rabu (16/11/2011). Saat itu, pesawat tinggal landas dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, untuk melakukan training cross country pada pukul 07.40 WIB. Direncanakan, pesawat akan mendarat di Lanud Cakrabuana, Cirebon. Namun, pesawat lantas hilang kontak saat di udara.
            
 Berikut nama-nama awak pesawat beregister PK-NIP yang hilang tersebut. 1. Kapten Partogi Sianipar (25). Instruktur, alamat Jl. Lamsirih 9, Jatibening Baru, Pondok Gede, Jakarta Timur; 2, Muhammad Fikriansyah (18). Siswa penerbang, alamat Jl. Poltangan, Pejaten Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan; dan 3. Agung Febrian (30), siswa penerbang, alamat Kompleks Taman Bukit Permai, Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. (Rasjaya)
 
Top