GuidePedia


Bandung, Global Post
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan secara simbolik melakukan gunting pita sebagai simbol dibukanya pameran pendidikan dan teknologi (Epitech) ke-6 yang digelar di SMKN 2 Tasikmalaya, jalan Sindanggalih, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat, Jumat (11/11). Dalam sambutannya, Gubernur Jabar mengatakan, Kota Tasikmalaya patut berbangga diri dikarenakan menjadi tuan rumah pebukaan Epitech yang ke-6 se Jawa Barat setelah lima kali berturut-turut digelar di Kota Bandung. Kota Tasikmalaya sebagai tuan rumah karena Tasikmalaya gudangnya SMK-SMK unggulan ditambah lagi dengan jumlah siswa di SMK lebih banyak ketimbang sekolah menengah umum.

Untuk itu, Vocational Award sangat layak untuk Kota Tasikmalaya,terang Gubernur disambut tepuk tangan yang meriah. Pameran pendidikan dan teknologi yang bertujuan memamerkan hasil aplikasi pembelajaran berbasis industri (teaching industry) disamping itu tujuan pelaksanaan Program adalah melakukan visualisasi secara obyektif dan akuntabel terhadap unjuk kerja penyelenggaraan SMK-SMK berkualitas dari 26 Kabupaten/Kota se Jawa Barat.

Hal tersebut penting adanya, karena sangat berguna menggambarkan  relevansi  dan kualitas pendidikan kejuruan dalam upaya peningkatan kemandirian Sumber Daya Manusia (SDM) dan Pemberdayaan  Keunggulan Potensi  Lokal  Jawa Barat,demi terwujudnya dinamika dan kesejahteraan masyarakat Jawa Barat serta terciptanya Insan Indonesia Cerdas dan Kompetitif Tahun 2025.

Pembukaan Expo Pendidikan Teknologi (EPITECH) ke-6 ini membuktikan kepedulian Gubernur Jawa Barat terhadap dunia pendidikan. pada acara ini diserahkan pula berbagai  penghargaan yaitu Anugerah Vocasional Award 2011 kepada Bupati/Walikota yang berprestasi dalam Pendidikan Vocasional dalam rangka rintisan wajar 12 tahun tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2011, yang diberikan dalam bentuk piagam penghargaan Gubernur.

Kemudian Trophi Vocasional Award dan uang pembinaan, kepada : Juara I Cluster A  sebesar Rp.150 Juta diraih oleh Kota. Sukabumi, Cluster B sebesar Rp.125 Juta diraih oleh Kabupaten Ciamis, Cluster C sebesar Rp.100 Juta diraih oleh Kabupaten Garut. Sedangkan untuk  Piala Juara Umum LKS Jabar diraih oleh Kota Bandung.

Selain dihadiri Gubernur Jabar, terlihat pula dari jajaran Disdik Jabar,Walikota Tasikmalaya H.Syarif Hidayat, selain penyerahan Anugrah”Vocational Award” Gubernur Jabar menyerahkan bantuan komponen otomotif berupa 10 mesin dan transmisi berikut buku panduan pedoman mesin Daihatsu dari PT Astra Daihatsu Motor untuk SMK se-Jawa Barat.

Selain itu, diserahkan pula Produk Industri Kreatif Siswa SMK Jawa Barat kepada Gubernur Jawa Barat  oleh Kepala Sekolah SMK N 2 Tasikmalaya selaku ketua MKKS Jabar.

Acara tersebut selain memamerkan produk unggulan hasil dari program keahlian masing-masing SMK, acara hiburan lomba kreativitas siswa,pasar kuliner daerah,panggung hiburan juga turut menyemarakan epitech tersebut. (Herman S)
 
Top