GuidePedia


Indramayu, Global Post 
Pesta rakyat pada ajang pemilihan kuwu (Pilwu) di Desa Rancasari Kecamatan Bangodua Kabupaten Indramayu semakin dekat, akan tetapi ada peraturan baku yang harus dipahami oleh panitia pemilihan kuwu mulai dari pendaftaran, bakal calon (Balon), seleksi administrasi, dan penyelenggaraan sebagaimana yang diatur sesuai Peraturan Daerah (Perda) No.10 Tahun 2010. Pasalnya, untuk pelaksanaan Pemilihan Kuwu di Kabupaten Indramayu akan dilaksanakan secara serentak pada tanggal 7 Desember yang akan datang, khususnya bagi kuwu yang masa jabatannya sudah berakhir.

Rakilah selaku Wakil Ketua Panitia saat ditemui Global Post, Senin (24/10), mengatakan bahwa Panitia Pilwu di Desa Rancasari, Wiyatno Sebagai Ketua, Mutawali sebagai Bendahara dan 12 anggotanya telah bekerja secara maksimal.

“Pembukaan pendaftaran sudah di mulai dari Hari Senin Tanggal 10 Oktober dan di tutup pada hari Selasa (25 Oktober 2011), dan panitia pilwu selama masih menjalankan tugas yang diemban ini selalu siap apa yang menjadi peraturan pemerintah tentang beberapa tahapan pelaksanaan. Saat ini berfokus pada pendaftaran balon saja, karena sebelumnya pihak perangkat desa bersama panitia Pilwu telah melakukan sosialisasi terhadap masyarakat tentang Peraturan Daerah juga mengenai peraturan pemilihan kuwu, termasuk persyaratan pokok bagi balon,” ujarnya. 

Bagi masyarakat yang ingin mencalonkan di ajang Pilwu harus memiliki ijazah paling serendah-rendahnya SLTP dan atau sederajat, administrasi lainnya seperti surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) dan sebagainya. Hanya saja bagi yang telah mendaftar diwajibkan membuat visi dan misi, surat lamaran dan daftar riwayat hidup. ”Tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan atau berlangsung dengan aman,” tuturnya.
Rakilah menambahkan, dua balon yang mendaftar adalah putra putri terbaik Desa Rancasari yang akan mengikuti ajang Pilwu pada Bulan Desember 2011 mendatang. Dua balon tersebut akan memperebutkan suara terbanyak dari jumlah hak suara sebanyak  2.300 hak pilih. Dari jumlah tersebut siapa yang meraih suara terbanyak dialahyang menjadi Kepala Desa Rancasari periode tahun 2012 – 2018.

Dari administrasi yang masuk ke panitia sebelum ada pengumuman kelulusan administrasi, dilakukan verifikasi. Setelah dinyatakan lolos oleh tim, mereka dinyatakan sebagai calon. Dua nama yang terdaftar sebagai balon yaitu M. Mansyur dan Rasimpen. Keduanya telah menyerahkan berkas persyaratan ke panitia dan belum dilakukan verivikasi oleh tim, karena verifikasi rencananya akan dilaksanakan pada Sabtu (29 Oktober 2011). “Tentunya akan melibatkan tim dari pihak UPTD Pendidikan juga unsur Muspika yang akan mengecek kelengkapan administrasi bakal calon (Balon),” ujarnya.

Menyinggung tentang anggaran Pilwu di Desa Rancasari, dia memperkirakan menelan anggaran sebesar Rp.130.000.000.00-. Sedangkan yang di tentukan Peraturan Daerah Rp.65.000.000.00-. Pelaksanaan di lapangan akan terjadi pembengkakan, karena dalam perda hanya satu hari pelaksanaan, sedangkan panitia harus menyesuaikan kondisi wilayah dan melihat jumlah hak pilih dan kebutuhan lain yang tidak masuk dalam Perda. (Ladi Suwandi/Heriyanto)
 
Top