Redaksi    Tajuk Global Post    Cerpen    Opini    Hiburan    Under Cover    Olahraga    Iklan    Pengunjung   
Home » » Kader Posyandu Harus Aktif Pantau Perkembangan Balita

Kader Posyandu Harus Aktif Pantau Perkembangan Balita

Posted by Sku Global Post on Senin, 25 Juli 2011


Kediri, Global Post

Bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, Revitalisasi Posyandu kembali digelar Tim Penggerak PKK dengan mengambil tema “Posyandu Membentuk Anak Sehat, Cerdas dan Kreatif”. Sama seperti tahun sebelumnya, Taman Wisata Ubalan di Kecamatan Plosoklaten dipilih menjadi lokasi kegiatan dan diikuti oleh 688 orang kader posyandu se-Kabupaten Kediri. Dalam sambutannya, Rosyida Masykuri mengemukakan bahwa Posyandu merupakan bentuk upaya pelayanan kesehatan yang dilaksanakan oleh, dari dan bersama masyarakat, untuk memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat guna memperoleh pelayanan kesehatan bagi ibu dan anak balita. “Anak adalah aset bangsa dan membutuhkan perhatian khusus, terutama dalam hal asupan gizi. Untuk itu pemantauan terhadap perkembangan balita harus dilakukan sejak dini,” tegas Rosyida.

Lebih lanjut Rosyida Masykuri juga mengingatkan para kader akan pentingnya tugas mereka di garis depan pelayanan posyandu. “Tugas kader adalah memberikan pelayanan kesehatan kepada ibu dan anak di posyandu. Seorang kader juga harus aktif dalam memantau perkembangan balita,” kata Rosyida. Dengan peran serta kader dan masyarakat, diharapkan peningkatan kesehatan dan kesejahtaraan ibu, anak serta keluarga akan cepat tercapai.

Kepala Bidang Promkes dan PL Dinas Kesehatan dr. Jopie mengungkapkan, revitalisasi ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan para kader posyandu tentang kegiatan keposyanduan, serta ketrampilan mereka dalam memberikan penyuluhan atau informasi kepada masyarakat tentang pentingnya gizi bagi buah hati, kesehatan keluarga dan kesehatan ibu hamil beserta janinnya.

Dalam kesempatan tersebut Dewi Mustiati (40), seorang kader lestari mendapatkan penghargaan atas pengabdiannya selama lebih dari 15 tahun. Perempuan asal Desa Semen Kecamatan Pagu ini telah menjadi kader sejak tahun 1991. Kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan beberapa lomba, yaitu lomba senam lansia, lomba kuis kader posyandu, dan lomba mengisi buku KIA.

Pada lomba senam lansia, tiap kecamatan mengikusertakan 5-10 orang perwakilan. Sedangkan pada lomba kuis, para kader diharuskan berjalan menyusuri area Ubalan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ditempel di pepohonan. Di akhir acara, dilakukan pembagian hadiah bagi para pemenang lomba. Selain itu para peserta juga dihibur dengan pembagian doorprize dan live music.

Hadir dalam pelaksanaan kegiatan, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kediri Rosyida Masykuri serta Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan se-Kabupaten Kediri. (Adv)

SHARE :
CB Blogger

Poskan Komentar

 
Copyright © 2010 Sku Global Post. Tegas Jelas Akurat
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda