GuidePedia

Bandar Lampung, Global Post 
 Banyak jalan menuju Roma. Pepatah ini sangat pas apabila ditujukan kepada Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Bandar Lampung. Maksud dari pepatah tersebut adalah benyaknya cara bagi Satlantas Polresta Bandar Lampung dalam mensosialisasikan Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas Jalan.
Sosialisasi undang-undang tersebut dimulai dari pendekatan dengan sekolah baik SLTP maupun SLTA, lalu dilanjutkan di jalan raya dengan meminta pengendara sepeda motor menghidupkan lampu besar di kala mengendarai motor hingga menggunakan cara “ligh on”. Kemudian sosialisasi mengarah kepada mahasiswa Universitas Lampung (Unila), dengan program yang dikenal “Police Goes To Campus” Satlantas Polresta Bandar Lampung  di Kampus Unila,  Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Selasa (3/5) lalu.

Pada pertemuan tersebut Kompol Abdul Waras S.Ik selaku Kasat Lantas mengatakan bahwa melalui sosialisasi UU No.22 tahun 2009 ini, pihak kepolisian, khususnya Polresta Bandar Lampung , ingin menjalin kerja sama dan komunikasi dua arah, yaitu antara kepolisisan dengan masyarakat dan khususnya antara polisi dengan mahasiswa.

Abdul Waras menjelaskan, kampus merupakan tempat terbaik untuk mensosialisasikan undang-undang dimaksud yang berisikan tentang pengaturan tata cara pengemudi berkendara di jalan raya, mengingat mahasiswa merupakan intelektual muda yang dengan mudah dan cepat paham mengetahui maksud dan tujuan dari undang-undang tersebut.

Kasat berharap masyarakat kebanyakan akan mengikuti jejak mahasiswa. “Sehingga apa yang menjadi tujuan dari diundangkannya UU No. 22/2009 tersebut akan tercapai dengan baik,” katanya.
Pada kesempatan sosialisasi kepada para mahasiswa tersebut Kasat Lantas Abdul Waras berkesempatan memberikan pertanyaan kepada mahasiswa melalui angket, dan bagi siapa mahasiwa yang dapat menjawab 10 pertanyaan seputar lalu lintas jalan dengan benar, maka ia akan mendapatkan buku 100 tokoh Lampung,  juga beberapa hadiah berupa televisi, handphon dan helmet SNI. Selain itu, diadakan door prize dengan hadiah jaket.  (Misrule/Helmi)
 
Top